< FYI

8 Pesona Museum Tekstil

8 Pesona Museum Tekstil

FYI

+62 21 5606613

Indonesia memang negara yang kaya akan berbagai macam jenis tekstil. Itu pula yang menjadi alasan Museum Tekstil didirikan dahulu dengan berbagai pesona yang ditampilkannya. Apa saja?

  1. Museum Tekstil yang berlokasi di Jalan Aipda K.S Tubun no.4, Tanah Abang tersebut merupakan museum tekstil terbesar di Indonesia.
  2. Koleksi yang tersimpan di dalam museum ini dihitung sudah melewati angka 1.000.
  3. Koleksi barang-barang budaya di museum ini dikategorikan dalam empat bagian yaitu koleksi kain tenun, batik, peralatan, dan koleksi campuran.
  4. Para pengunjung tidak hanya akan mendapatkan tur keliling melihat koleksi tersebut tetapi juga mempelajari berbagai macam pohon yang dapat dijadikan sebagai bahan baku pewarna alam. Deretan pepohonan tersebut tertata rapi di taman seluas 2.000 meter persegi.
  5. Di Museum Tekstil terdapat bendera Keraton Cirebon yang berumur paling tua dibandingkan kain lainnya. Bendera ini terbuat dari kapas dan berhias kaligrafi Arab.
  6. Kursus membatik juga disediakan untuk para pengunjung dengan tempat yang sangat nyaman berupa rumah panggung kayu di halaman belakang museum.
  7. Selain ekshibisi koleksi kain, Museum Tekstil juga memiliki perpustakaan dengan koleksi buku lengkap mengenai pertekstilan.
  8. Para pengunjung juga dapat menikmati layanan reparasi kain tekstil di Laboratoty Storage.

Address

Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10260, Indonesia


Phone

+62 21 5606613


SEE MAP