< Tips

8 Strategi untuk Meningkatkan Karisma

8 Strategi untuk Meningkatkan Karisma

Tips

Karisma merupakan sesuatu yang tidak dimiliki oleh setiap orang sejak lahir, melainkan sebagai salah satu tingkah laku yang dapat dipelajari. Bagi orang yang berkarisma, biasanya dapat memiliki karier yang lebih cemerlang. Dilansir dari Business Insider, setidaknya ada 8 strategi untuk meningkatkan karisma. Check it out!

1. Gunakan Kata-Kata yang Berempati
Secara psikologis, saat Anda berbicara dengan menggunakan kata-kata yang berempati itu berarti Anda dapat merasakan apa yang lawan bicara rasakan. Seperti misalnya saat kerabat sedang bercerita tentang masalahnya, Anda bisa mengatakan, “Saya mengerti perasaan Anda”. Lalu dari perbincangan tersebut akan terbentuk sebuah hubungan emosional yang kuat. Dan dari perhatian yang Anda berikan tersebut akan terbentuk sebuah karisma yang dapat dilihat oleh lawan bicara. 

2. Ekspresikan Perasaan
Apapun yang sedang Anda rasakan, utarakanlah pada siapapun yang berada di sekitar Anda. Individu yang berkarisma akan melakukan hal tersebut secara spontan. Hal ini akan memberikan efek suasana hati Anda pada orang lain atau yang disebut dengan emotional contagion. Oleh karena itu, sebarkanlah suasana hati yang positif agar orang lain juga dapat merasakan hal yang sama.

3. Bicarakan Tentang Potensi Diri

Photo source: http://www.flickr.com

Daripada membicarakan tentang pencapaian Anda, lebih baik Anda membicarakan tentang potensi diri Anda. Hal ini akan lebih menarik karena sekaligus membicarakan tentang kemampuan diri Anda dan lebih baik daripada menyombongkan diri tentang apa yang bisa Anda lakukan. Orang yang berkarisma tinggi tidak perlu meninggikan hati! 

4. Cerminkan Lawan Bicara
Para psikolog mengatakan, ketika dua orang yang sedang berbicara sudah mulai akur mereka akan mulai saling mengikuti gerak-gerik masing-masing. Hal ini terjadi sebagai tanda rasa percaya dan aman.

5. Samakan Ritme Langkah
Ketika Anda sedang berjalan dalam sebuah grup, samakan ritme langkah Anda dengan yang lainnya. Studi menunjukkan bahwa hal ini dapat memperlihatkan Anda sebagai seseorang yang ramah dan friendly.  

6. Gunakan Bahasa Tubuh yang Baik
Action speaks louder than words. Mungkin kata-kata tersebut dapat mencerminkan seseorang yang berkarisma. Artinya, Anda harus memperlihatkan bahasa tubuh yang baik. Misalnya berdiri dan berbicara dengan postur yang terbuka. Hindari memasukkan tangan ke kantong celana pada saat berbicara karena hal itu menandakan bahwa Anda tidak tertarik dengan pembicaraan. 

7. Tersenyumlah

Photo source: http://www.pixabay.com

Dengan lebih sering tersenyum, Anda akan dinilai sebagai orang yang atraktif. Dengan memberikan rona wajah yang gembira, Anda juga dapat menularkan kegembiraan kepada orang lain. Hal ini juga menjadi salah satu dari ciri-ciri individu yang berkarisma. 

8. Ajak Orang Lain untuk Saling Berbagi Cerita
Dengan saling berbagi cerita, Anda dan kerabat akan dapat saling mengerti tentang keadaan masing-masing. Ketika orang saling berbagi cerita, Anda dapat membentuk ikatan sosial yang kuat. Dengan mengajak orang lain untuk bercerita, itu juga dapat menandakan Anda peduli dengan keadaan orang lain.