< FYI

8 Tanda Anda Seorang Wirausahawan

8 Tanda Anda Seorang Wirausahawan

FYI

Anda sudah berkali-kali pindah tempat kerja? Mungkin hal tersebut adalah tanda bahwa Anda lebih cocok menjadi seorang wirausaha. Jika tanda-tanda di bawah ini terasa seperti karakter Anda berarti Anda sudah harus mempertimbangkan menjadi wirausahawan.

1. Pengambil Risiko
Seorang wirausahawan identik dengan risiko. Dia berani untuk mengambil risiko dalam setiap hal yang dijalani. Bahkan bila kemungkinan berhasilnya sangat tipis. Seorang wirausaha juga tidak takut pada kata “gagal” karena itulah risiko yang sudah diketahuinya. Dia tidak takut karena mengetahui kegagalan dapat menghasilkan sebuah semangat baru untuk memulai lagi dari awal.

2. Kompetitif
Wirausahawan tentu saja harus kompetitif. Dia tidak mau tertinggal dari yang lain dan terus ingin menjadi yang terdepan. Oleh sebab itu seorang wirausahawan selalu memutar otak untuk menciptakan hal-hal yang inovatif dan kreatif  untuk memajukan bisnisnya.

3. Memiliki Keingintahuan Yang Besar
Terus belajar adalah prinsip yang dipegang erat seorang wirausahawan. Dia memiliki keingintahuan yang besar akan hal baru dan mau belajar untuk mengembangkannya. Hal ini juga dipicu oleh sifat yang kompetitif sehingga dia senantiasa ingin tahu bagaimana caranya mengalahkan yang lain.

4. Percaya Diri
Berhubungan dengan poin pertama, pengambil risiko, seorang wirausahawan sangat percaya diri. Dia percaya bahwa dia dapat maju dan optimis akan apa yang dijalankannya meskipun sudah pernah merasakan gagal. Dia pun percaya bahwa kegagalan yang dialaminya dapat dibangun kembali untuk menuju sukses.

5. Mudah Beradaptasi
Tidak ada satu pun wirausahawan yang sulit beradaptasi. Seorang wirausahawan adalah orang yang mudah diajak bicara dan berdiskusi. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan dirinya yang tinggi. Seseorang yang berjiwa wirausaha mengetahui bahwa sumber daya manusia adalah aset yang dapat memberikan keuntungan dalam hal apapun.

6. Oportunis
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya dalam poin mudah beradaptasi, seoran wirausahawan adalah seorang oportunis. Dia selalu melihat kesempatan dalam berbagai hal. Dan optimis sekecil apapun kesempatan tersebut dapat dikelola untuk menjadi besar dan berguna untuk kemajuannya.

7. Suka Mengendalikan
Wirausahawan adalah seorang pemimpin. Itulah sebabnya ia suka mengendalikan situasi atau seseorang. Jika Anda merasa seringkali mengendalikan rekan kerja di kantor saat ini berarti Anda sudah memiliki jiwa wirausaha.

8. Suka Menyelesaikan Masalah
Karena seorang wirausahawan dapat disebut juga sebagai seorang pemimpin, maka dari itu dia adalah tipikal orang yang suka menyelesaikan masalah. Dia selalu dapat mengendalikan situasi yang berujung pada penyelesaian bukan memerintah namun justru melayani dan memberikan solusi.