< Tips

8 Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa

8 Tips Agar Tetap Bugar Selama Puasa

Tips

Sahur adalah momen penting untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar selama berpuasa dari subuh hingga azan magrib. Saat berbuka puasa pun Anda tak boleh sembarangan mengudap segala makanan. Simak tips berikut agar tubuh Anda tetap bugar saat berpuasa!

1. Sahur Tinggi Serat & Kaya Protein
Konsumsilah makanan kaya serat seperti buah dan sayur saat sahur. Bahan makanan kaya magnesium dan potassium seperti pisang, jeruk, alpukat, dan kacang almond juga bisa membantu tubuh menghasilkan energi sehingga Anda lebih lancar beraktivitas. Utamakan juga lauk kaya protein seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging, yang sebaiknya dikonsumsi lebih banyak dibanding sumber karbohidrat.

2. Pilih Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan roti gandum akan lebih lama dicerna dibanding karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan roti tawar. Karena kandungan serat dalam karbohidrat kompleks yang lebih tinggi, Anda pun bisa merasa kenyang lebih lama, lho. Hal ini juga akan membuat kadar gula darah Anda lebih stabil selama berpuasa.

Photo source: http://www.flickr.com

3. Hindari Gorengan dan Makanan Berlemak Tinggi
Makanan gorengan ataupun yang mengandung lemak tinggi seperti jeroan, kulit ayam, dan makanan bersantan akan berat untuk dicerna oleh tubuh. Akibatnya, Anda akan lebih mudah mengantuk selama berpuasa. Berbuka dengan banyak makanan berlemak tinggi juga akan ‘mengejutkan’ pencernaan Anda, ada baiknya dilakukan secara bertahap, ya.

4. Batasi Makanan Pedas
Bagi Anda yang pecinta pedas, tahan dulu untuk menikmati hidangan pedas favorit sepuasnya saat sahur dan berbuka. Makanan pedas dapat meningkatkan asam lambung dan mengganggu pencernaan Anda saat berpuasa. Tak mau, dong, sampai membatalkan puasa karena terlalu sering bolak-balik ke kamar mandi akibat terlalu banyak makan pedas?

Photo source: http://flickr.com

5. Penuhi Sumber Zat Besi
Zat besi berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selama Anda berpuasa, zat besi dalam tubuh akan menurun sehingga asupan oksigen ke seluruh tubuh juga bisa berkurang.

Agar Anda tidak mudah lemas dan cepat mengantuk karena kurang oksigen, Anda perlu memasukkan bahan makanan sumber zat besi dalam menu sahur, seperti daging merah, sayur bayam atau kangkung, kacang kedelai, atau buah aprikot.

6. Banyak Minum Air Putih
Ini dia hal yang paling utama agar Anda tidak dehidrasi selama berpuasa. Kalau syarat asupan air mineral adalah 8 gelas per hari, pastikan Anda tak menguranginya selama bulan puasa ini, ya. Selain menjadikan Anda tetap bugar, air putih yang cukup saat sahur juga membantu Anda tetap konsentrasi selama beraktivitas.

Photo source: http://www.flickr.com

7. Segerakan Berbuka
Saat waktunya berbuka, jangan sekali-kali Anda menunda dan salat magrib terlebih dulu baru berbuka. Karena memang sudah waktunya, tentu lebih baik Anda langsung membatalkan puasa selain hal ini juga merupakan sunah Nabi Muhammad SAW.

8. Jangan Berlebihan Saat Berbuka
Setelah menahan lapar dan haus seharian, bukan berarti Anda bisa langsung menyerbu makanan saat azan magrib terdengar, lho. Awali dengan kurma dan air putih, kemudian makan secara bertahap. Awali dengan makanan yang ‘ringan-ringan’ serta konsumsi makanan manis secukupnya saja agar gula darah dalam tubuh tidak ‘kaget’ dan meningkat secara drastis.