< Shopping

8 Toko Vinyl di Jakarta dengan Koleksi yang Menarik

8 Toko Vinyl di Jakarta dengan Koleksi yang Menarik

Shopping

Piringan hitam atau yang disebut juga dengan vinyl, kini kembali digemari oleh para penikmat musik. Banyak band serta penyanyi tetap mengeluarkan album dalam format vinyl sehingga vinyl menjadi salah satu barang yang dapat dikoleksi. Nah, bila Anda salah satu yang suka mengoleksi vinyl, ada 8 toko di Jakarta yang bisa Anda sambangi, nih. Di mana saja? Keep reading this article!

1. Jalan Surabaya
Sebagai salah satu kawasan yang dikenal dengan barang-barang antiknya, Anda bisa menemukan berbagai macam vinyl bekas dengan berbagai genre di Jalan Surabaya. Namun, kebanyakan vinyl yang dijual di sini adalah band dan penyanyi era 1950 hingga 1990-an seperti The Beatles, Bob Marley, hingga Johnny Cash. Harga vinyl yang dijual di sini bisa ditawar, lho. Tentunya akan lebih puas jika bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang sesuai bujet, kan? Jangan lupa persiapkan uang tunai sebelum ke sini, ya!

Photo source: http://www.tripadvisor.com 

Alamat: Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, Indonesia
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB 

2. Monka Magic
Toko vinyl yang satu ini terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam genre musik mulai dari band besar hingga yang indie. Monka Magic juga dikenal sebagai online vinyl store pertama di Indonesia, lho. Karena banyak pilihan koleksi band indie, tak heran jika Monka Magic sering dikunjungi oleh para anak muda di Jakarta. Terletak di dalam toko buku Aksara Kemang, Monka Magic memiliki atmosfer yang nyaman sehingga Anda pasti akan merasa betah saat melihat-lihat koleksi vinyl di sini. Selain vinyl, Anda juga bisa menemukan berbagai turntable di Monka Magic.

Photo source: Facebook (Monka Magic Vinyl)

Alamat: Jalan Kemang Raya No. 8B, Kemang, Jakarta Selatan, Indonesia
No. Telp: +6281287400631
Jam Operasional: 12.00 – 22.00 WIB
Facebook: Monka Magic Vinyl
Twitter: @monkamagic
Instagram: @monkamagicstore

3. Laidback Blues Record Store
Untuk toko yang satu ini terletak di kios mungil di lantai dua Pasar Santa. Walaupun membawa kata ‘blues’ di namanya, Laidback Blues Record Store tidak hanya menjual vinyl ber-genre blues, namun Anda juga bisa menemukan genre lainnya seperti indie pop, jazz, classic, reggae, dan masih banyak lagi. Di toko ini tersedia juga vinyl amplifier yang bisa Anda beli untuk menambah keseruan mendengarkan si piringan hitam dengan lagu dan penyanyi favorit. 

Photo source: Facebook (Laidback Blues Records Store)

Alamat: Pasar Modern Santa Upper Floor, Jalan Cipaku 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia
No. Telp: +6282126818481 / +6285939763366
Jam Operasional: 15.00 – 22.00 WIB
Facebook: Laidback Blues Records Store
Instagram: @laidbackbluesrecordstore 

4. Sub Store
Masih terletak di Pasar Santa, ada satu toko vinyl yang harus Anda datangi. Di Sub Store Anda bisa menemukan berbagai vinyl bekas. Eits, walaupun bekas namun kualitasnya masih bagus, lho. Harganya pun terjangkau! Tidak ada genre khusus untuk vinyl yang dijual di Sub Store. Stoknya pun tidak menentu sehingga bisa menjadi alasan untuk Anda sering-sering mengunjungi toko ini, kan? 

Photo source: https://substore.co

Alamat: Pasar Modern Santa Lantai 2, Jalan Cipaku 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia
Website: https://substore.co
E-mail: substore14@gmail.com
Twitter: @substore_
Instagram: @substore 

5. Piringan Hitam Record Store
Toko yang juga dikenal dengan nama PH Record Store ini menawarkan vinyl secara online melalui situsnya. Setelah melakukan pemesanan, Anda bisa langsung mengambilnya ke toko yang terletak di STC Senayan. Atau jika mau dikirim, PH Record Store memiliki packaging khusus untuk vinyl yang telah Anda pesan menggunakan karton dengan bahan yang kuat. So, jangan khawatir vinyl akan rusak saat memesannya di sini. Di sini tersedia vinyl baru dan bekas. Kalau mau melihat-lihat, Anda bisa langsung mengunjungi PH Record Store melalui alamat di bawah ini. 

Photo source: Instagram (@piringanhitamid)

Alamat: STC Senayan Lantai 2 #1066, Jalan Asia Afrika Pintu IX, Senayan, Jakarta Pusat, Indonesia
No. Telp: +6285102122274
Website: http://www.piringan-hitam.com
Twitter: @piringanhitamid
Instagram: @piringanhitamid
 

6. Musikamar
Mulai dari musisi lokal hingga internasional, Anda bisa menemukannya di Musikamar. Tidak hanya band dan musisi baru, Anda juga bisa menemukan vinyl musisi lokal era 70an seperti Duo Kribo. Well, akan menjadi keseruan tersendiri saat memilih vinyl di Musikamar. Rasanya akan seperti menemukan harta karun!

Photo source: Facebook (Musikamar Vinyl Records)

Alamat: Apartemen Pakubuwono Terrace, Tower Selatan, Lantai 21/A2, Jalan Ciledug Raya No. 99, Jakarta Selatan
No. Telp: +6281294065047
Facebook: Musikamar Vinyl Records
Twitter: @musikamarvinylr
Instagram: @musikamar
 

7. Double Deer Music
Toko vinyl yang satu ini berawal dari lima orang yang memiliki passion terhadap musik dan memiliki misi untuk membagikan pengetahuan musik lewat berbagai macam media. Salah satunya adalah melalui vinyl yang ditawarkan di toko ini. Kalau Anda mencari koleksi vinyl terbaru, Double Deer bisa menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Selain menjual vinyl, Double Deer juga menawarkan jasa kursus musik digital, label rekaman, dan juga audio production.  

Photo source: Twitter (@doubledeermusic)

Alamat: Jalan Jenggala II No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia
No. Telp: +62217245747
Jam Operasional: Senin – Jumat: 11.00 – 21.00 WIB
Website: http://www.doubledeermusic.com
E-mail: info@doubledeermusic.com
Facebook: Double Deer Music
Twitter: @doubledeermusic
Instagram: @doubledeermusic
 

8. Grieve Records
Para penggemar genre musik rock, khususnya punk, hardcore punk, metal, post rock, hingga noise rock harus mampir ke tempat yang satu ini. Grieve Records, yang terletak di kawasan Fatmawati menjadi ‘rumah’ para pecinta musik rock. Selain vinyl, Grieve Records juga merupakan sebuah label rekaman, lho. Saatnya menambah koleksi vinyl, nih! 

Photo source: Facebook (Grieve Record Store)

Alamat: Rossi Music Building Lantai 1, Jalan RS Fatmawati No. 30, Cilandak, Jakarta Selatan
No. Telp: +62217652938
E-mail: grieve.records@gmail.com
Facebook: Grieve Record Store
Twitter: @grieverecords