Monday, May 27, 2019
Recreation
Recreation

Ada Ubur-ubur Tidak Menyengat di Seaworld Ancol

Spectr News Theme Isny Dewi R.
28, December 2018
840

Selama ini yang kita tahu ubur-ubur adalah hewan laut yang dapat menyengat. Di Indonesia sendiri sedikitnya terdapat lima habitat utama ubur-ubur tidak menyengat, yakni Danau Kakaban, Kalimantan Utara; Danau Air Asin Misool, Papua Barat; Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah; Pulau Landu, Nusa Tenggara Timur; dan Danau Lenmakana, Raja Ampat, Papua. Tapi ternyata ada juga lho ubur-ubur yang tidak menyengat. Anda bisa menemukannya di wahana ubur-ubur (jellyfish), Seaworld Ancol, Jakarta Utara.

Menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru 2019, Seaworld menambah koleksi ubur-ubur yang unik dan eksotik. Bentuknya yang transparan terlihat indah saat terkena cahaya warna-warni akuarium.

Mulai 2019, Seaworld akan membudidayakan ubur-ubur dari beberapa spesies di dalam Kawasan Konservasi Seaworld, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan edukasi bagi pengunjung tanpa harus mengambilnya dari alam. Bahkan, Seaworld pun turut melestarikan keberadaan ubur-ubur yang tidak menyengat ini.

Dalam wahana terbarunya ini, Seaworld menghadirkan 10 akuarium khusus. Tahun ini, wahana ubur-ubur bertemakan “Witness the Miracle Here” yang terinspirasi dari keunikan ubur-ubur sebagai makhluk laut yang tidak memiliki panca indera, darah, dan tulang, tapi mampu hidup, serta beberapa jenisnya yang ditakuti karena memiliki kemampuan menyengat.

Spesies ubur-ubur yang ditampilkan lebih beragam. Mulai dari jenis spotted, blubber, sea nettle, upside down, hingga spesies terbaru dan terunik, moon jelly fish. Ubur-ubur jenis tersebut membiaskan warna-warni cahaya dari dalam akuarium khusus dengan sistem berbeda dari akuarium kebanyakan. Seaworld menggunakan akuarium jenis kriesel, semi kriesel, dan silinder, yang dapat membuat arus air berputar, sehingga ubur-ubur tidak akan terjebak pada sudut akuarium, dan dapat berenang bebas di dalam akuarium.

Jellyfish Sphere menerapkan konsep glowing in the dark. Dinding wahana ini dibuat dari berbagai lukisan ubur-ubur yang menyala dalam gelap. Karena itu, dalam kegiatan yang sama, juga diadakan kegiatan melukis kaus bagi anak TK dan PAUD dengan tema ubur-ubur yang menggunakan tinta menyala dalam gelap.

Pengunjung juga dapat langsung menikmati wahana-wahana baru lainnya di Seaworld Ancol dan Ocean Dream Samudra dengan membeli tiket bundling seharga Rp 160 ribu untuk weekday dan Rp 200 ribu untuk weekend hingga 31 Januari 2019. Namun, khusus periode 15 Desember 2018 — 13 Januari 2019, diberlakukan harga weekend (high season).

Website: https://www.ancol.com/id/destination/sea-world-ancol
Instagram@ancoltamanimpian

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration