Tuesday, April 07, 2020
Recreation
Recreation

Ajak Anak Berimajinasi Sambil Belajar di Kampung Dongeng

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
24, January 2020
473

Kampung Dongeng merupakan gerakan yang digagas oleh Moch Awam Prakoso atau yang juga dikenal dengan nama Kak Awam sejak 18 Mei 2009 lalu sebagai kegiatan sosial sekaligus wisata imajinasi untuk anak-anak di seluruh Indonesia.

Kak Awam sering kali keliling Indonesia untuk melakukan pertunjukan dongeng. Interaksinya dengan anak-anak pun menjadi beragam, mulai dari anak-anak yang tinggal di kota, di perkampungan, di jalur perbatasan dan daerah terpencil. Tidak jarang pula, Kak Awam menghibur anak-anak yang berada di Rumah Sakit dan tempat pengungsian bencana alam.

Gerakan ini pun disambut baik oleh berbagai kalangan yang kemudian bergabung di Kampung Dongeng sebagai Relawan Dongeng untuk Anak Indonesia. Tingginya apresiasi dari berbagai kalangan menjadikan Kampung Dongeng terus berkembang. Hingga saat ini, Kampung Dongeng memiliki lebih dari 60 cabang yang tersebar di berbagai daerah dengan lebih dari 250 orang relawan yang siap mendongeng.

Salah satu kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh keluarga saat berkunjung ke Kampung Dongeng adalah bermain bersama dalam acara Pekan Kampung Dongeng. Acara yang diadakan setiap minggu ini diisi dengan permainan, pentas dongeng, dan workshop untuk anak-anak.

Selain workshop kreatif untuk anak-anak, Kampung Dongeng juga rutin mengadakan Workshop Nasional setiap tiga bulan sekali (dilakukan selama 3 – 7 hari) guna memberi wawasan dan materi baru pada relawan yang datang ke Kampung Dongeng.

Kegiatan lain di Kampung Dongeng yang juga tidak kalah menyenangkan adalah Kado (Kampung Dongeng) Jelajah Negeri, Kado Keliling Kampung, Field Trip di Kado, Kemah Dongeng, Kado Craft dan Kado Peduli Sesama.

Kampung Dongeng terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung sebagai relawan dan siapa saja yang ingin berekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Ikuti informasi lebih lanjut mengenai Kampung Dongeng di sini.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration