Tuesday, August 20, 2019
Technology
Technology

Akses Instagram Cs Masih Dibatasi, Ini Alasannya

Spectr News Theme Isny Dewi R.
24, May 2019
572

Seperti diketahui, pemerintah membatasi akses masyarakat ke sejumlah fitur aplikasi pesan instan WhatsApp dan media sosial seperti Instagram dan Facebook, sejak Rabu (22/5/2019). Langkah ini dilakukan untuk menghindari provokasi dan penyebaran hoaks di tengah aksi 22 Mei, agar tak memperparah situasi.

Lalu, kapan pemerintah akan mencabut pembatasan akses dan fitur pada Instagram Cs? Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara belum memberikan informasi kapan pemerintah akan mencabut pembatasan tersebut. Ia hanya mengatakan fitur media sosial dan aplikasi pesan instan akan kembali normal jika situasi sudah tenang. Hingga artikel ini diturunkan pun, Instagram dan Facebook masih mengalami gangguan.

Keluhan mengenai error-nya media sosial, memang sudah terjadi sejak Rabu siang. Sejumlah pengguna WhatsApp mengeluhkan sulitnya mengirim dan menerima gambar. Pun dengan Instagram masih sulit diakses sampai hari ini. Hal ini terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Jakarta menjadi kota terparah yang mengalami gangguan tersebut. Belakangan diketahui, beberapa fitur media sosial seperti unggah dan unduh foto maupun video memang sengaja dibatasi oleh pemerintah. Hal ini berkaitan dengan adanya aksi unjuk rasa 22 Mei terkait hasil pemilu.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration