< FYI

Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Perencanaan Keuangan

Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Perencanaan Keuangan

FYI

Perencanaan keuangan merupakan suatu hal yang penting karena merupakan dasar untuk segala urusan Anda di masa mendatang. Dengan memiliki perencanaan keuangan, Anda dapat memprioritaskan dan melakukan tujuan bisnis Anda. Jika Anda tidak melacak arus keuangan Anda, utang Anda bisa bertambah tanpa Anda menyadarinya. Ini juga membantu Anda mencapai target dan sasaran dalam merencanakan pengembangan bisnis Anda.

Anda tidak perlu menjadi kaya agar bisa memiliki banyak uang. Tujuan universal dari perencanaan keuangan adalah untuk menciptakan proses berkelanjutan yang akan mengurangi stres Anda tentang uang, mendukung kebutuhan Anda saat ini, dan membangun tabungan untuk pensiun. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki perencanaan keuangan.

1. Melindungi Kondisi Finansial
Tujuan keuangan jangka panjang membutuhkan jaminan dan itu hanya akan terjadi dengan mengambil rencana asuransi. Untuk tujuan keuangan jangka panjang, Anda perlu memikirkan tentang kontinuitas tabungan dalam jangka waktu tertentu agar tujuan tersebut tercapai, terus mengingat setiap kesalahan yang bisa saja terjadi selama tahap itu. Tujuan yang sudah direncanakan akan selalu membantu Anda dalam mengevaluasi kebutuhan asuransi Anda, yang juga akan membantu dalam mendapatkan perlindungan atas kewajiban-kewajiban Anda.

Sisihkan uang untuk keadaan darurat di masa depan yang dapat meningkatkan dana pensiun Anda. Mengutip dari Quicken, setidaknya sisihkan 10 – 25 % dari penghasilan Anda. Begitu Anda melakukannya, Anda dapat mulai memikirkan hal-hal lainnya seperti menabung untuk membayar tagihan rumah atau menyisihkan uang untuk pendidikan anak-anak Anda.

2. Mengurangi Resiko Berhutang
Jika Anda telah merencanakan dengan benar untuk tujuan masa depan Anda seperti pergi berlibur, Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit atau mengambil pinjaman, yang akhirnya meningkatkan pengeluaran Anda. Faktanya, tabungan-tabungan sebelumnya akan membantu Anda dalam meningkatkan aset keuangan, sehingga Anda dapat dengan mudah pergi berlibur tanpa harus berhutang atau membayar kredit jangka panjang. Perjalanan kecil dapat direncanakan setiap dua-tiga tahun jika urusan keuangan direncanakan dengan benar.

3. Meningkatkan Kekayaan Bersih
Saat melakukan perencanaan keuangan, arus kas Anda dikelola secara tepat dari waktu ke waktu, yang dianalisis sedemikian rupa sehingga tidak boleh negatif pada setiap titik waktu saat merencanakan tujuan keuangan masa depan Anda. Proses ini membantu meningkatkan kekayaan bersih Anda (lebih dan di atas tingkat penghasilan Anda), yang pada saatnya nanti akan meningkatkan kekayaan bersih Anda melampaui jangka waktu tertentu.

4. Meningkatkan Standar Hidup Anda
Orang yang melakukan perencanaan keuangan dan menghemat uang sesuai tujuan keuangan mereka dapat mengumpulkan kekayaan yang cukup untuk menjalani hidup yang nyaman. Setiap tujuan, baik itu ingin membeli rumah atau membeli mobil, meningkatkan kekayaan bersih Anda dan meningkatkan standar hidup Anda. Tujuan keuangan akan membantu Anda menumbuhkan uang Anda dengan cara yang logis dan terencana.

5. Pengeluaran Tanpa Rasa Bersalah
Mengapa tidak merencanakan anggaran bulanan Anda secara rutin jika hal itu merupakan rutinitas sehari-hari dalam hidup Anda? Banyak dari kita tidak berencana melakukannya karena kita masuk dalam kategori boros, di mana pengeluaran melebihi tabungan Anda dan karena itu, Anda tidak dapat merencanakan untuk tujuan keuangan. Perencanaan membantu menghindari pengeluaran yang tidak perlu yang cenderung akan Anda lakukan selama anggaran bulan tidak direncanakan.