Tuesday, April 07, 2020
Bisnis
Bisnis

Alasan Mengapa Business Plan itu Penting

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
02, March 2020
215

Business plan (rencana bisnis) merupakan ‘pondasi’ yang wajib Anda buat sebelum memutuskan untuk menjalani bisnis. Pasalnya, setiap pebisnis pasti berharap usahanya dapat berjalan sesuai rencana, dan business plan tersebut lah yang menjadi pakem agar apa yang Anda harapkan dapat terwujud. Berikut alasan mengapa business plan itu penting.

1. Dasar Menyusun Strategi Bisnis

Sebagai pebisnis Anda pasti setuju jika bisnis yang baik merupakan bisnis yang dijalankan, bukan hanya sekadar wacana. Ide-ide yang dimiliki semestinya bisa dieksekusi dengan baik. Namun, bagaimana Anda bisa mengeksekusi ide tersebut jika tidak memiliki rencana? Business plan di sini berfungsi sebagai ‘pondasi’ dalam menyusun strategis bisnis termasuk promosi sesuai dengan bujet yang Anda miliki.

2. Dasar untuk Mengembangkan Bisnis

Layaknya sebuah rumah, bisnis harus memiliki rencana. Sebagai contoh, seperti apa bentuk rumahnya, bagaimana desain setiap ruangan mulai dari atap hingga lantai dan sebagainya. Bisnis pun demikian, butuh memiliki rancangan yang nantinya berfungsi sebagai pakem untuk mengembangkan bisnis tersebut. Sebab, perubahan akan selalu terjadi seiring dengan berkembangnya bisnis. Nantinya, dalam fase perkembangan, rencana bisnis bisa direvisi agar dapat digunakan untuk misalnya ekspansi bisnis.

3. Dasar untuk Mengatur Keuangan

Business plan juga dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan. Baik modal awal maupun operasional, wajib dibuat perencanaan bisnisnya untuk memudahkan Anda melakukan tracing modal awal, dana masuk, dana keluar dan sebagainya agar tidak bangkrut.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration