< Tips

Aman Menggunakan Transportasi Online dengan Cara Ini

Aman Menggunakan Transportasi Online dengan Cara Ini

Tips

Keberadaan transportasi online menjadi primadona bagi masyarakat luas. Meski masih ada kontroversi di antara jasa transportasi yang ada, tidak dapat dipungkiri jika transportasi online menawarkan banyak kemudahan. Agar lebih aman selama menggunakan transportasi online, baik motor maupun mobil, berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan sebagai penumpang.

Yang pertama, pastikan jika plat nomor kendaraan sesuai dengan yang tertera dalam aplikasi. Namun, tidak perlu panik ketika menjumpai plat nomor motor atau mobil berbeda dengan yang tertera dalam aplikasi. Biasanya, pengemudi akan memberitahu jika kendaraannya sedang diservis sehingga terpaksa menggunakan kendaraan lain. Tetap waspada, bila perlu foto atau minimal catat plat nomornya dan beri tahu keluarga atau teman sebagai langkah antisipasi.

Jika terpaksa naik mobil atau taksi online sendiri, pastikan di bagian belakang tempat Anda duduk tidak ada orang lain. Jika ada hal-hal mencurigakan, jangan takut untuk minta turun di tempat yang ramai.

Kedua, hindari bermain ponsel, terutama bagi pengguna ojek online. Saat berada di atas motor, pastikan meletakkan ponsel dalam tas. Tas wajib diletakkan di bagian depan, jangan di samping apalagi belakang. Bila tidak ada keadaan mendesak, jangan mengeluarkan ponsel tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak memancing para pelaku tindak kriminal, seperti jambret, begal untuk melancarkan aksi jahatnya.

Terakhir, di musim hujan seperti ini, usahakan untuk menggunakan jas hujan setelan atas bawah. Hindari penggunaan jas hujan ponco, berbentuk seperi jubah atau kelelawar. Jika posisi duduk di atas motor tidak benar, maka bagian samping jubah mengibas ke segala arah. Bahkan dalam beberapa kasus, tidak jarang bagian jubah yang tersibak saat kena angin masuk ke dalam jari-jari atau rantai motor.