Monday, June 17, 2019
Street Food
Street Food

Asinan Khas Betawi Paling Mantap se-Jakarta

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
17, January 2019
920

Selain gado-gado, asinan merupakan camilan khas Betawi yang digemari banyak orang. Jika Anda mencari asinan yang kelezatannya tidak perlu diragukan lagi, berikut tiga tempat di Jakarta yang terkenal karena asinan sayur dan buahnya yang lezat.

1. Asinan Betawi H. Mansyur

Berlokasi di Jalan Taman Kamboja, Asinan Betawi Alm H. Mansyur juga populer dengan nama Asinan Kamboja. Jika tidak ingin mengantre, maka disarankan untuk datang lebih awal. Di sini, tersedia dua varian asinan, asinan sayur dan asinan buah.

photo source: zomato.com

Asinan sayur Alm H. Mansyur terkenal karena kuahnya yang kemerahan dan sedikit berminyak karena dimasak terlebih dahulu, sehingga rasa antara asam, pedas dan gurihnya seimbang. Sebagai pelengkap, satu mangkuk asinan sayur diberi taburan kacang tanah goreng, kerupuk mie dan kerupuk merah muda. Jika kurang pedas, Anda bisa menambahkan sambal yang disajikan terpisah.

 

Sementara asinan buahnya memiliki kuah yang lebih pucat dari asinan sayur. Tidak semerah asinan sayur namun aroma asam dan pedasnya sangat kuat. Satu mangkuk asinan buah terdiri dari bengkuang, kedondong, mangga dan nanas tanpa tambahan kacang tanah goreng atau kerupuk. Keduanya cocok disantap setelah makan siang untuk menghilangkan kantuk.

Asinan Betawi H. Mansyur

Alamat: Jl. Taman Kamboja III No. 10

Telp: 021-4707242

2. Asinan Ny Isye

Tak jauh dari Asinan Kamboja, ada asinan yang tak kalah lezat, yakni Asinan Ny Isye. Yang membedakan Asinan Kamboja dengan Asinan Ny Isye adalah kuahnya. Jika Asinan Kamboja memiliki warna kuah kemerahan dan teksturnya lebih encer, maka Asinan Ny Isye menawarkan saus kacang dengan tekstur lebih kental dengan rasa yang tidak terlalu asam.

photo source: zomato.com

Rasanya cenderung asin, manis dan pedas. Asinan Ny Isye juga tidak menambahkan kerupuk merah muda di akhir penyajian, namun menambahkan irisan wortel segar yang didatangkan langsung dari Lembang, Bandung.

Asinan Ny Isye

Alamat: Jl. Kamboja 3 No. 12, Rawamangun, Jakarta 13220

Telp: 021-4702468

3. Asinan Bonbin

Meski terkenal dengan gado-gadonya, kedai yang berlokasi di Cikini ini juga menyajikan asinan yang tak kalah lezat. Anda bisa mencicipi dua varian asinan, yakni Asinan Bonbin Bogor dan Asinan Bonbin Betawi. Asinan Bonbin Bogornya menggunakan buah-buahan segar seperti rujak, termasuk bengkuang, nanas, kedondong, jambu dan mangga dan ditaburi kacang tanah goreng dengan kuah cuka yang terasa asam, pedas dan sedikit manis.

photo source: zomato.com

Sementara Asinan Bonbin Betawinya terdiri dari selada, kol, tauge, sawi dan potongan tahu putih lengkap dengan taburan kacang tanah goreng dan kuah menggunakan campuran kacang tanah goreng, cuka, cabai dan gula merah.

Asinan Bonbin

Alamat: Jl. Cikini 4 No. 5, Cikini, Jakarta Pusat

Telp: 021-3141539

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration