Thursday, November 14, 2019
FYI
FYI

Atasi Masalah Gigi dan Mulut Tanpa Sakit di RSGM YARSI

Spectr News Theme Isny Dewi R.
24, October 2019
240

Banyak masyarakat Indonesia yang enggan berkunjung ke dokter gigi dengan alasan takut akan rasa sakitnya. Padahal, kita semestinya rutin memeriksakan gigi. Apalagi bagi yang memiliki masalah seperti gusi berdarah, gigi tidak teratur, pertumbuhan gigi bungsu yang mengganggu, atau masalah lainnya pada gigi dan mulut, sudah seharusnya ditangani oleh dokter gigi spesialis yang tepat.

Secara umum, ada beberapa faktor penyebab masyarakat merasa takut datang ke dokter gigi, seperti trauma oleh perawatan dental sebelumnya, peralatan dokter yang terlihat menakutkan, anak-anak yang mengalami sakit gigi parah, dan lain sebagainya. Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) YARSI hadir untuk menghilangkan rasa tersebut dengan menawarkan pelayanan unggulan berupa Painless Dental Care, inovasi pelayanan kesehatan gigi tanpa rasa sakit dan cemas.

Konsep Indonesia Painless Dental Care Center (IPDCC) berawal dari kepedulian RSGM YARSI terhadap masyarakat yang takut datang ke dokter gigi, dan juga anak-anak serta masyarakat dengan kebutuhan khusus. Terkadang dengan keterbatasan yang mereka miliki, staf medis dan orang tua tidak dapat melakukan perawatan gigi secara optimal.

Painless Dental Care RSGM YARSI memberikan pendekatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien, antara lain:

1. Hipnodonti
Teknik relaksasi dan pemberian sugesti positif agar pasien merasa relaks dan nyaman.

2. Sedasi
Ada dua teknik Sedasi.
- Sedasi Inhalasi, di mana pasien menggunakan sungkup hidung yang mengeluarkan aroma buah-buahan untuk dihirup. Setelah beberapa tarikan nafas panjang, pasien akan merasa relaks. Teknik Ini bersifat ringan-sedang, sehingga pasien tetap dapat berkomunikasi dan merespon staf medis. Sedasi Inhalasi biasa dilakukan di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia.

- Sedasi Intravena menggunakan infus dengan tujuan pasien mendapatkan relaksasi yang maksimal.

Teknik Sedasi penting dilakukan oleh dokter gigi karena beberapa alasan:
- Agar pasien tidak dipaksa membuka mulut dan menimbulkan trauma.
- Pasien tidak merasa sakit, tidak perlu mendengar suara mesin atau melihat peralatan ‘menyeramkan’.
- Pengerjaan gigi jadi lebih efektif.
- Pasien dengan masalah gigi yang kompleks tetap merasa nyaman meski harus membuka mulut cukup lama.
- Solusi terbaik untuk anak-anak dan masyarakat dengan kebutuhan khusus.

3. Anestesi Umum
Untuk pasien yang memerlukan perawatan gigi menyeluruh.

Masyarakat kini tak perlu takut lagi jika ingin mengatasi masalah pada gigi mereka, karena RSGM YARSI memastikan pendekatan yang mereka berikan tidak menimbulkan rasa sakit dan trauma sesudahnya.

Instagram: @rsgmyarsi

 

Top Photo Source: https://rsgmyarsi.com

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration