Monday, May 27, 2019
FYI
FYI

Atasi Nyeri Haid dengan Makanan Ini

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
09, May 2019
119

Kebanyakan wanita mengalami nyeri dan kram perut saat hari pertama haid. Hal tersebut terjadi karena adanya kontraksi yang dipicu oleh hormon prostaglandin di dinding rahim. Tidak perlu khawatir, nyeri dan kram saat haid bisa diatasi dengan makanan di bawah ini.

1. Cokelat Hitam

Menurut penelitian, cokelat hitam kaya akan berbagai kandungan yang berkhasiat sebagai pereda nyeri, seperti asam lemak omega 3 dan 6, magnesium, antioksidan dan flavonoid. Semakin sedikit kandungan gula dalam cokelat hitam yang Anda pilih, maka semakin maksimal kandungan pereda nyeri tersebut bekerja. Pasalnya, semakin banyak gula yang dikonsumsi saat haid, semakin tidak stabil emosi seseorang sehingga gelisah, mudah tersinggung dan gampang marah.

2. Jahe

Sifat anti-inflamasi jahe bisa membantu mengurangi nyeri saat haid. Jahe bekerja layaknya obat penghilang rasa sakit. Disarankan untuk mengonsumsi air atau teh jahe selama tiga hari pertama haid karena jahe juga dapat membantu menyeimbangkan gula darah dalam tubuh sehingga emosi lebih terkontrol.

3. Pisang

Kandungan B6 dan potasium pada pisang bantu mengatasi kram saat said. Biasanya, kram perut terjadi karena kadar potasium rendah. Selain mengatasi kram, pisang juga bisa mengurangi kembung. Disarankan untuk mengonsumsi satu buah pisang selama haid dan diimbangi dengan air putih yang cukup.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration