< FYI

Atasi Radang Tenggorokan dengan 5 Buah Ini

Atasi Radang Tenggorokan dengan 5 Buah Ini

FYI

Di musim pancaroba seperti ini ada banyak alasan mengapa banyak orang terserang penyakit, seperti radang tenggorokan. Mulai dari daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit hingga mengonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan radang tenggorokan. Bagi Anda yang sedang mengalami radang tenggorokan, berikut buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasinya.

1. Pisang

photo source: pixabay.com

Sering kali penderita radang tenggorokan malas untuk makan karena merasa sakit saat menelan. Tekstur lembut pisang memudahkan penderita radang tenggorokan untuk tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C, B6 dan kalium dalam buah pisang dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan.

2. Nanas

photo source: pixabay.com

Agar tidak menimbulkan rasa gatal di tenggorokan, Anda dapat mencuci potongan nanas dengan air garam. Kandungan bromelain dalam buah nanas dapat mengurangi radang tenggorokan sekaligus mengurangi risiko penyakit arthritis.

3. Tomat

photo source: pixabay.com

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, tomat sangat baik untuk meredakan radang tenggorokan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Selain dapat dikonsumsi langsung, Anda juga dapat mencampurnya dengan sedikit gula pasir atau madu dan air hangat. Wedang tomat yang mampu meringankan radang tenggorokan sekaligus meredakan flu tersebut dapat Anda minum sebelum tidur.

4. Kiwi

photo source: pixabay.com

Di balik ukurannya yang kecil, kiwi menyimpan banyak manfaat. Vitamin C dan B6-nya dipercaya mampu meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu kalsium, zat besi, magnesium-nya juga memberi perlindungan pada tubuh dari radikal bebas.

5. Semangka

photo source: pixabay.com

Sekitar 92% air terkandung di dalam buah satu ini. Selain air, vitamin C dan selenium-nya baik untuk menghilangkan rasa nyeri pada tenggorokan. Vitamin C pada semangka juga membantu mencegah sariawan, peradangan pada bagian tubuh lain dan kanker.