< FYI

Bahaya dibalik Penggunaan Lensa Kontak Terlalu Lama

Bahaya dibalik Penggunaan Lensa Kontak Terlalu Lama

FYI

Softlens atau lensa kontak memang tengah naik daun. Selain berfungsi sebagai alat bantu penglihatan bagi yang tidak ingin mengenakan kacamata, lensa kontak juga menjadi fashion item untuk melengkapi penampilan harian.

Nah, bagi penggemar lensa kontak maupun Anda yang berniat ingin mencoba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman dan nyaman selama menggunakan lensa kontak. Terutama bagi pengguna dengan kondisi mata kering, tidak disarankan menggunakan lensa kontak terlalu lama. Pasalnya, agar dapat berfungsi secara optimal, lensa kontak tidak boleh kekurangan cairan, harus tetap lembap.

Suhu ruangan, paparan asap bahkan kondisi tubuh saat kekurangan cairan dapat menyebabkan lensa kontak kering. Jika demikian, segera lepas lensa kontak dan gunakan lubrikan khusus mata untuk menghindari gejala kemerahan.

Di samping itu, menggunakan lensa kontak dalam waktu lama ternyata dapat mengurangi oksigen pada kornea. Hal tersebut menyebabkan infeksi mata yang berujung pada kehilangan penglihatan secara permanen.

Untuk menghindari dampak negatif penggunaan lensa kontak dalam waktu lama, seperti iritasi mata, infeksi kornea dan mata berair, sebaiknya rajin membersihkan lensa kontak setelah digunakan. Jangan gunakan lensa kontak lebih dari 8 jam sehari. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan lensa kontak sekali pakai (harian).