< Community

Belajar Bahasa Asing di Komunitas Polyglot

Belajar Bahasa Asing di Komunitas Polyglot

Community

Di era globalisasi seperti sekarang ini, seseorang dituntut memiliki kemampuan berbahasa asing. Namun, belajar bahasa asing tentu bukanlah hal yang mudah. Anda harus terbiasa berbicara di luar bahasa keseharian Anda, belum lagi harus menghafal berbagai kata asing yang sulit diucapkan. Namun, ternyata hal ini tak menghambat beberapa orang untuk mempelajari dan menguasai bahasa asing.

Untuk terus mengasah kemampuan berbahasa asing tersebut, berdirilah sebuah komunitas bernama Komunitas Polyglot. Komunitas ini sudah tersebar hingga ke beberapa kota di Indonesia. Para anggota komunitas ini rata-rata menguasai beberapa bahasa asing. 

Terbentuk sejak awal tahun 2012, Polyglot Indonesia memiliki beberapa kegiatan, seperti Language Exchange, yakni kegiatan pertemuan per bahasa yang dikoordinasi oleh koordinator tiap bahasa. Tempat dan waktu semuanya diserahkan kepada masing-masing koordinator.

Mula-mula mereka akan meletakkan meja yang sudah dilabeli bahasa, contohnya meja Italia atau meja Spanyol. Ketika para anggota sedang bercakap-cakap di meja tersebut, maka mereka harus menggunakan bahasa yang tertera di meja tersebut. Contoh, ketika di meja Spanyol, setiap anggota yang ada di meja tersebut harus menggunakan bahasa Spanyol. Ini berguna bagi para anggota untuk latihan berpindah bahasa, karena mereka akan berbicara 15 menit di meja Jerman, lalu 15 menit di meja Spanyol dan 15 menit di meja Mandarin.

Selain itu, komunitas ini juga kerap memberikan materi mengenai bahasa dan budaya di berbagai acara, menjadi penerjemah (baik lisan maupun tulisan), menerima permintaan untuk menjadi EO (Event Organizer) dan LO (Liaison Officer) di event internasional, acara nonton bareng film Eropa, hingga diskusi.

Latar belakang anggota yang tergabung dalam Komunitas Polyglot pun bermacam-macam, mulai dari pelajar SMA hingga pegawai Kementrian Luar Negeri. Banyak juga anggota yang berdomisili di negara-negara lain yang ikut bergabung melalui forum.

Jika Anda tertarik bergabung, caranya pun cukup mudah. Cukup hadir saja dalam tiap pertemuan yang diadakan komunitas ini. Namun, disarankan Anda sudah memiliki sedikit kemampuan berbahasa yang ingin dipraktikkan, apapun tingkat kemahirannya. Tertarik untuk bergabung?