Tuesday, July 23, 2019
Recreation
Recreation

Berburu Burung Bersuara Merdu di Pasar Burung Kelapa Gading

Spectr News Theme Isny Dewi R.
19, June 2019
288

Apakah Anda termasuk pecinta burung? Selama ini hanya tahu pasar burung di kawasan Pramuka, Jakarta Timur? Kalau begitu, Anda harus coba datang ke sebuah tempat di Jakarta Utara ini. Di kawasan ini terdapat sentra penjualan burung dan juga beberapa hewan peliharaan lainnya seperti ikan hias, hingga tanaman hias.

Lokasinya berada di Jalan Pelepah Raya, Kelapa Gading atau di jalan penghubung antara Boulevard Barat dan Perintis Kemerdekaan (dekat Taman Jogging). Meski tidak sebesar Pasar Burung Pramuka, namun pasar burung binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini sudah ada sejak tahun 1999.

Awalnya, pedagang burung di kawasan Kelapa Gading ini berjumlah 20 orang. Mereka terbagi dalam lima blok. Namun, seiring berjalannya waktu, terjadi pergantian kepemilikan kios dan kini hanya menyisakan 15 pedagang burung peliharaan. Meski tak banyak, beberapa pedagang di sini sudah mendapatkan pelatihan kewirausahaan melalui Program Kewirausahaan Terpadu (PWT) dari pemerintah.


Photo Source: 
@matajkt

Pedagang di sini menjual berbagai jenis burung peliharaan, lengkap dengan sangkar hingga pakan-nya. Beberapa burung yang biasa diikut sertakan dalam kontes berkicau seperti burung kenari, murai batu, kacer, lafbert, cucak hijau, hingga yang paling populer seperti merpati bisa Anda jumpai di sentra ini.

Nah, bagi Anda yang suka jogging di Taman Jogging bisa menyempatkan diri mampir ke pasar ini sekaligus sarapan dengan aneka kuliner yang dijajakan di sekitarnya.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration