< Tips

Berencana Solo Traveling? Simak Dulu 5 Tips Ini!

Berencana Solo Traveling? Simak Dulu 5 Tips Ini!

Tips

Tidak hanya dapat dilakukan bersama keluarga atau teman-teman, berwisata juga bisa menjadi menyenangkan apabila dilakukan sendiri, lho. Berwisata sendiri atau dikenal juga dengan istilah solo traveling, dapat menguntungkan karena Anda bisa menjadi lebih fleksibel dalam hal waktu. Yuk, simak tips lainnya agar kegiatan solo traveling Anda menjadi lebih menyenangkan.

1. Jadilah Pelancong yang Percaya Diri
Ketika Anda sedang berwisata sendirian, hindari perasaan waswas dan takut yang berlebihan. Tanamkan rasa percaya diri selama perjalanan dan percayalah bahwa semuanya akan baik-baik saja. Anda perlu ingat kalau tindakan kriminal dapat terjadi walaupun Anda sedang tidak sendirian. Dengan ini, Anda tentu akan tetap merasa nyaman walaupun sedang sendirian di kota atau mungkin negara yang tidak Anda kenal. Stay positive!

 

2. Lakukan Riset Sebanyak-banyaknya
Untuk membantu Anda agar tidak merasa takut atau bingung saat berwisata sendirian, sebaiknya Anda lakukan riset atau browsing terlebih dahulu tentang destinasi wisata Anda sebanyak-banyaknya. Dengan ini, Anda bisa mempersiapkan diri dan tidak merasa kebingungan saat berada di tujuan wisata. Anda bisa browsing tentang jenis transportasi apa yang bisa Anda gunakan, rute terdekat yang dilalui menuju destinasi tersebut, atau mungkin harga tiket masuk ke atraksi wisata yang ingin Anda sambangi.

 

3. Perhatikan Penampilan Anda
Setiap kota atau negara tentunya memiliki nilai budaya yang berbeda-beda. Dalam nilai budaya, cara berpakaian juga turut diperhatikan. Nah, karena itu sebaiknya Anda memperhatikan cara berpakaian dan sesuaikan dengan nilai budaya destinasi wisata Anda. Batasi juga pemakaian aksesori agar tidak mengundang tindak kriminal. Tidak mau, dong, kalau sedang jalan-jalan kemudian terjadi hal yang tidak diinginkan?

 

4. Bawalah Uang Secukupnya
Sebelum Anda berangkat, lakukan riset mengenai jumlah uang yang sekiranya cukup selama Anda berada di destinasi wisata. Mulai dari untuk kebutuhan makan, penginapan, transportasi, atraksi, hingga belanja. Dengan membawa uang seperlunya, Anda bisa memperkirakan bujet yang diperlukan sehingga Anda tidak mengeluarkan uang secara berlebihan.

 

5. Berkomunikasi dengan Masyarakat Sekitar
Karena Anda sedang tidak bersama kerabat atau keluarga, maka rekan yang bisa Anda ajak berkomunikasi adalah masyarakat di tempat Anda berkunjung. Dengan berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, Anda bisa memperoleh informasi mengenai objek wisata seru, restoran murah, hingga penginapan yang bagus, lho. Karena tidak ada yang lebih tahu mengenai informasi daerah tersebut selain masyarakat lokal. So, jangan malu untuk bertanya, ya!