< Marketing

Games yang Dibuat untuk Beriklan

Games yang Dibuat untuk Beriklan

Marketing

Bermain game tentunya mengasyikkan dan membuat ketagihan apabila jalan cerita atau cara bermainnya menyenangkan. Sebuah game juga dapat menjadi perbincangan ketika digemari oleh banyak orang. Nah, karena hal tersebut, game juga dapat menjadi media yang dapat digunakan sebagai tempat beriklan dengan menyisipkan unsur iklan di dalamnya. Cara beriklan ini dikenal dengan nama advergames.

Yup, pada dasarnya advergames adalah sebuah game yang dibuat untuk mengiklankan sebuah produk atau hal lainnya. Contohnya, di tahun 80-an ada game Kool-Aid Man yang diproduksi oleh Mattel. Kemudian di tahun 90-an, ada Pepsiman yang muncul sebagai game Playstation yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan?

Tujuan dari advergames ini adalah agar para konsumen bisa merasakan pengalaman yang berbeda dalam melihat suatu iklan. Tidak melulu harus melihat iklan di media-media konvensional, banner, atau bahkan iklan pop-up yang dinilai mengganggu. Dalam  bentuk game, tentu konsumen akan terhibur dengan memainkannya dan dapat menjadi lebih aware terhadap iklan tersebut. Advergames sering dibuat dengan sistem viral agar mudah didistribusikan oleh para konsumen dan disebarkan ke konsumen lain yang akan turut memainkannya juga. Sungguh cara yang menyenangkan dalam beriklan, ya?