< Recreation

Berkunjung ke Wihara Tertua di Jakarta

Berkunjung ke Wihara Tertua di Jakarta

Recreation

Di Jakarta, Anda tidak akan kehabisan ide untuk mengunjungi berbagai macam objek wisata bersejarah, salah satunya Wihara Dharma Bhakti. Wihara yang berada di Pecinan Glodok, Jakarta Barat ini merupakan wihara tertua di Jakarta.

Dilansir dari Indonesia Travel, Wihara Dharma Bhakti dibangun tahun 1650 dengan nama Koan Im Teng (Paviliun Koan Im) oleh Kwee Hoen. Tampak luar, memang tidak ada yang istimewa. Namun, memasuki ruangan utamanya, Anda akan menjumpai cukup banyak pengunjung meski tidak ada perayaan apapun.

 

photo source: harnas.co

Pintu masuk utama dihias dengan jendela bundar di sisi kanan dan kiri, ukuran huruf Cina pada pilar, gambar naga, dan burung Hong yang dipercaya bisa menyampaikan keinginan pada Sang Pencipta.

 

photo source: istockphoto.com

Melewati pintu utama, Anda akan melihat altar sembahyang dipadati lilin-lilin berwarna merah. Di area utama bahkan terdapat lilin-lilin mewah berukuran raksasa yang dikerumuni pengunjung untuk memanjatkan doa. Selain lilin, Anda akan menjumpai banyak patung-patung yang terbuat dari emas, seperti patung Lou Han, dewi Kwan Im, dewa Guan Di, dewi Ma Co Po dan lain-lain .

Di sini juga terdapat ruang khusus untuk berdoa. Pengunjung yang ingin permintaannya dikabulkan harus melakukannya secara khusyuk. Selesai mengucapkan doa, pengunjung harus mengocok semacam kotak untuk mengeluarkan batang kayu yang sudah diberi nomor. Angka (nomor) tersebut akan memberikan jawaban atas doa yang diucapkan.

Address

Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan No. 19, Glodok, Jakarta Barat


SEE MAP