< Recreation

Berwisata di Kawasan Kota Tua Jakarta

Berwisata di Kawasan Kota Tua Jakarta

Recreation

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini menjadi salah satu ikon Kota Jakarta. Kawasan Kota Tua juga disebut Batavia Lama karena tempat ini menjadi tempat bersejarah karena lokasinya yang strategis dan sumber daya yang melimpah membuat kawasan ini menjadi pusat perdagangan untuk benua Asia pada abad ke-16.

Sekarang kawasan ini menjadi kawasan wisata dengan berbagai tempat menarik dan bersejarah. Misalnya ada Museum Fatahillah yang merupakan bekas Balai Kota Batavia, Museum Keramik, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Gedung Arsip Nasional, dan juga Gereja Sion. Masing-masing tempat ini menyimpan sejarah dan menjadi saksi bisu pemerintahan Kota Batavia.


Photo source: http://www.coklatkita.com

Karena letak Kawasan Kota Tua yang strategis, untuk menjangkaunya pun tidak sulit karena banyaknya transportasi umum yang melewati kawasan ini. Misalnya commuter line yang berhenti di Stasiun Jakarta Kota, Transjakarta, hingga berbagai angkot dan bis kota. Banyaknya bangunan yang terlihat tidak terawat ini akibat kepemilikan bangunan yang tidak jelas. Namun ada beberapa usaha perbaikan Kota Tua dari berbagai organisasi nirlaba, institusi swasta, dan pemerintah kota yang ingin mengembalikan warisan Kota Tua.

Photo source: http://www.cafebatavia.com

Atraksi yang disediakan di Kawasan Kota Tua pun beragam, mulai dari penyewaan sepeda di depan Museum Fatahillah, seniman yang berjualan lukisan, hingga orang-orang yang menghibur pengunjung dengan tidak bergerak yang dinamakan manusia batu. Setelah berkeliling di kawasan ini, Anda bisa mengunjungi Café Batavia yang menyajikan masakan khas Indonesia. Kafe ini pun sudah berdiri sejak dua abad yang lalu lho. Benar-benar kawasan penuh sejarah!