Tuesday, July 23, 2019
Recreation
Recreation

Berwisata Sambil Belajar di Kampung Budaya Sindang Barang

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
12, July 2019
168

Berbicara mengenai destinasi wisata akhir pekan di kota hujan tidak melulu berkutat pada Kebun Raya atau curug saja, ada juga destinasi wisata budaya yang tak kalah menarik untuk Anda dan keluarga kunjungi, Kampung Budaya Sindang Barang.

Kampung Budaya Sindang Barang dipercaya sebagai kampung tertua di Bogor. Kawasan pemukiman adat ini sudah ada sekitar abad ke-12. Di kawasan ini lah lahir dan berkembang sedikitnya delapan macam kebudayaan, seperti Upacara Adat Seren Taun yang masih terus dilestarikan hingga saat ini.

Bagi masyarakat Sunda Wiwitan (kepercayaan terhadap kekuatan alam dan arwah leluhur), Upacara Adat Seren Taun dilakukan setiap tahunnya sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas limpahan hasil panen. Upacara digelar dengan berbagai ritual yang sarat akan nilai budaya, seperti tarian Buyung.

Seperti kampung wisata lain di Indonesia, Kampung Budaya Sindang Barang menawarkan suasana yang asri dan masih kental dengan adat budaya. Anda dijamin dapat menambah pengetahuan mengenai sejarah tempo dulu yang sangat menarik.

Ada pula peninggalan purbakala yakni Taman Sri Bagenda, berupa kolam panjang dengan punden berundak yang bisa Anda nikmati setelah melewati sawah dan sungai. Hal tersebut tentunya sulit Anda temukan di destinasi wisata lain. Anda juga akan dimanjakan dengan kegiatan ibu-ibu menumbuk pagi menggunakan lisung, masak dengan hawu (kompor tradisional) dan kayu bakar dan bercocok tanam.

Kampung Budaya Sindang Barang buka setiap hari, mulai pukul 9 pagi. Cukup merogoh kocek mulai dari Rp25.000 per orang, Anda dan keluarga bisa berwisata sekaligus menambah wawasan.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration