< Tips

Bosan Menganggur? Ikuti 5 Tips Ini!

Bosan Menganggur? Ikuti 5 Tips Ini!

Tips

Anda sudah mengirimkan lamaran pekerjaan berkali-kali namun belum ada perusahaan yang membalas? Jangan putus asa dulu! Mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda perbaiki. Simak 5 tips berikut agar cepat dapat kerja!

1. Cek CV Anda
Bisa jadi ada yang salah dari CV Anda. Seringkali HRD menginginkan CV dengan desain yang simpel dan mudah dibaca. Jangan lupa sertakan data diri Anda yang lengkap, seperti alamat e-mail dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Begitu juga untuk surat lamaran, gunakan kalimat yang mudah dipahami dan hindari kalimat bertele-tele. Kemudian posisikan diri Anda sebagai HRD sebuah perusahaan dan baca ulang CV dan surat lamaran Anda. Nilailah sendiri apakah keduanya sudah cukup menarik? 

2. Latihan Wawancara
Wawancara kerja adalah saat di mana Anda diperkenankan untuk memperkenalkan diri serta menjelaskan mengapa Anda pantas untuk dipekerjakan di perusahaan tujuan. Kenali diri dan skill Anda. Latihlah untuk menjawab pertanyaan yang sekiranya akan keluar saat wawancara sehingga Anda bisa mempersiapkan jawabannya. Wawancara bukanlah saat yang tepat untuk menjadi seseorang yang tidak percaya diri dan rendah diri! 

3. Tambah Skill Anda
Perusahaan juga mempertimbangkan skill yang Anda miliki dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Nah, CV Anda akan lebih cemerlang jika Anda melampirkan pelatihan-pelatihan yang pernah Anda ikuti dilengkapi dengan sertifikat. Apabila Anda belum pernah memilikinya, daripada menganggur coba ikuti beberapa pelatihan bersertifikasi. Selain menambah pengetahuan, skill Anda akan lebih diasah. Menguntungkan, bukan?

4. Miliki Sifat Terbuka
Biasanya seorang fresh graduate memiliki target tertentu untuk bekerja di perusahaan besar. Namun, Anda jangan terlalu berambisi besar untuk diterima di perusahaan besar mengingat banyaknya saingan yang turut menginginkan bekerja di perusahaan yang sama serta pengalaman kerja yang belum banyak. Coba buka diri Anda untuk bekerja di perusahaan start-up. Bekerja di perusahaan yang sedang berkembang sama serunya, lho, dengan bekerja di perusahaan besar. 

5. Tambah Pengalaman
Daripada menganggur dan tidak ada hal produktif yang bisa Anda lakukan, cobalah untuk mengikuti program magang. Program ini biasanya bisa Anda temukan di perusahaan-perusahaan besar maupun kecil. Tak jarang pula perusahaan yang memberikan gaji pada karyawan magang. Dengan ini Anda akan memiliki pengalaman lebih yang bisa Anda cantumkan di CV Anda dan juga uang saku.