< Business Highlights

BPJS Ketenagakerjaan Akan Bangun Rumah untuk Para Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan Akan Bangun Rumah untuk Para Pekerja

Business Highlights

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan membangun rumah bagi para pekerja di sejumlah kota di Indonesia, seperti di Bandung, Semarang, Balikpapan, Medan, dan kota-kota lainnya. Untuk dapat mewujudkan program tersebut, BPJS Ketenagakerjaan tengah melakukan negosiasi dengan sejumlah pengembang perumahan.

Ditargetkan sebanyak 25 ribu unit rumah dapat dibangun tahun ini. Sejauh ini, rumah pekerja yang sedang dalam proses pembangunan yakni Loftvilles di Serpong, Tangerang Selatan sebanyak 6.000 unit.

BPJS Ketenagakerjaan sedang dalam proses negosiasi dengan pengembang untuk proyek rumah pekerja di kota-kota lain. Program rumah untuk para pekerja ini diharapkan bisa segera terlaksana.

Untuk kisaran harga, jika rumah pekerja tersebut masuk kategori rumah subsidi, maka akan dikenakan harga Rp120 juta - Rp140 juta, tergantung masing-masing provinsi.

Program ini sendiri dilakukan dalam upaya memenuhi kebutuhan hunian oleh pemerintah. Sebagai contoh, Perumahan Vila Kencana Cikarang, Jawa Barat yang belum lama ini diresmikan. Sebanyak 4.734 unit rumah yang sudah dibangun memiliki luas tanah 60 m² dengan luas bangunan 25 m². Di dalamnya sudah terdapat dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang tamu. Rumah ini dibandrol dengan harga Rp112-141 juta.

Warga bisa membeli rumah ini hanya dengan membayar uang muka 1 persen. Mereka bisa mencicil mulai Rp750-900 ribu per bulan. Itu belum termasuk bantuan yang diberikan pemerintah. Hmm… Menarik, ya?