Monday, July 22, 2019
Bisnis
Bisnis

Cara Jitu Mempertahankan Bisnis Agar Bertahan Lama

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
19, March 2019
666

Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak sekali bisnis baru bermunculan, sayangnya tidak sedikit pula bisnis yang gulung tikar. Lantas apa yang dapat dilakukan oleh pemilik bisnis agar bisnisnya dapat terus tumbuh dan berkembang?

1. Produk Unggulan

Sebagai pemilik bisnis, baik produk maupun jasa, Anda wajib mengetahui keunggulan yang dimiliki. Tujuannya agar dapat bersaing dengan pebisnis lain yang juga menawarkan produk atau jasa yang sama. Misal, banana nugget aneka rasa, jika banana nugget yang Anda tawarkan memiliki keunggulan, seperti tidak digoreng menggunakan minyak, berarti produk Anda memiliki daya saing, berbeda dengan kebanyakan banana nugget yang digoreng menggunakan minyak.

2. Perencanaan Matang

Perencanaan yang matang sangat diperlukan bahkan sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis. Setelah bisnis berkembang, Anda harus memiliki banyak mimpi, tujuannya agar bisa bertahan dalam menghadapi persaingan. “Apa yang harus saya lakukan untuk satu, dua, lima bahkan sepuluh tahun ke depan agar bisnis kian berkembang?” Untuk mewujudkan mimpi-mimpi tentu tidak terlepas dari mempelajari kesalahan selama menjalankan bisnis, dari segi harga, promosi, lokasi hingga branding produk atau jasa, apakah sudah sesuai atau belum.

3. Mengikuti Perkembangan Zaman

Bukan asal mengikuti tren, namun harus disesuaikan dengan tujuan awal Anda berbisnis. Salah satunya, melek teknologi. Jangan malas memanfaatkan berbagai media sosial sebagai alat pemasaran yang jitu. Pelajari bagaimana media sosial bisa membantu bisnis Anda meraup keuntungan seperti yang dijelaskan pada artikel berikut ini.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration