Thursday, December 12, 2019
Tips
Tips

Cara Maksimalkan Blog untuk Mengembangkan Bisnis

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
27, November 2019
129

Salah satu cara mudah yang dapat mendukung perkembangan bisnis Anda adalah blog. Blog atau website yang Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis memiliki fungsi sebagai media pemasaran, ‘penggaet’ calon pembeli baru sekaligus alat branding.

Dengan blog atau website, sebagai penyedia produk maupun jasa, Anda bisa membuktikan kepada pembeli bahwa setiap informasi yang berkaitan dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan tersedia di dalamnya. Ada banyak hal mudah yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan blog atau website seperti yang tertera di bawah ini. 

1. Deskripsi Produk atau Jasa yang ditawarkan

Isi blog atau website tentu harus sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, Anda menawarkan celana jeans, maka isi blog dengan foto celana jeans dan informasi lengkap seperti lingkar pinggang, lingkar pinggul, lingkar pesak, panjang celana, ukuran setengah lingkar lutut, panjang lutut, panjang inseam (diukur dari pangkal paha bagian dalam hingga pergelangan kaki) dan lingkar ujung bawah celana.

Semakin jelas deskripsi produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka semakin banyak pula informasi yang didapat calon pembeli agar yakin membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

2. Konsistensi

Poin kedua ini berkaitan dengan waktu mengunggah artikel dalam blog atau website. Buat jadwal unggahan secara rutin agar calon pembli mengetahui informasi terbaru apa yang Anda berikan lewat blog atau website. Hal ini juga berguna untuk menambah jumlah visitor blog atau website Anda. Pastikan konten yang Anda buat dapat memberikan solusi yang dibutuhkan calon pembeli dengan begitu kepercayaan mereka juga akan meningkat.

3. Live Chat dan Kolom Komentar

Layanan live chat dan kolom komentar merupakan bentuk di mana Anda melibatkan audience (calon pembeli dan pembeli) secara tidak langsung. Dengan fasilitas live chat, calon pembeli diberi kemudahan untuk bertanya atau sekadar memastikan bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan masih tersedia. Sementara untuk kolom komentar, berguna untuk menerima feedback (saran dan kritik) dari pembeli untuk menjaga kepercayaan mereka.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration