< Business

Cara Membangun Engagement Lewat Buku

Cara Membangun Engagement Lewat Buku

Business

Di tengah era digital yang sedang berkembang pesat saat ini, rasanya hampir mustahil bila Anda dapat berhasil membangun engagement dengan konsumen melalui cara offline. Namun, jangan bersedih dulu. Masih ada, lho, cara untuk membangun engagement dengan cara offline, salah satunya adalah lewat buku. Belajar dari industri media cetak di Amerika Serikat, yakni toko buku, ada beberapa rahasia sukses untuk membangun engagement lewat buku. Simak di artikel ini!

 

1. Libatkan Pelanggan Secara Dekat
Di tengah merosotnya industri media cetak, toko buku independen di Amerika Serikat seperti tidak merasakan dampaknya sama sekali. Mereka cenderung baik-baik saja bahkan ada beberapa yang mengalami peningkatan dalam penjualan.

 

Hal ini dapat terjadi karena para toko buku independen tersebut melibatkan pelanggannya melalui berbagai aktivitas fisik. Aktivitas ini bisa memberikan kedekatan antara pelanggan dengan toko buku tersebut sehingga pelanggan tidak akan meninggalkan buku begitu saja di tengah perkembangan digital yang serba cepat sekarang ini.

 
Photo source: http://www.wikimedia.org

Ketika pelanggan memiliki kedekatan khusus dengan tokonya, tentu saja mereka akan terus kembali mengunjunginya. Sehingga, keuntungan dan penjualan akan terus berjalan.

 

2. Gunakan Media Sosial Menuju Aktivitas Fisik
Untuk mempertahankan kedekatan pelanggan dengan bisnis buku Anda, tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial tetap berperan baik di tengah era serba digital ini. Anda bisa memanfaatkan media sosial bisnis Anda untuk mengadakan berbagai aktivitas fisik.

 

Misalnya saja, Anda mengumumkan ada promo menarik di toko buku Anda atau sebarkan undangan event seru di toko Anda untuk para pelanggan setia. Sesuaikan aktivitas fisik dengan kedekatan para pelanggan serta lingkungan di sekitar bisnis Anda.

 

Anda juga bisa melibatkan berbagai komunitas, publik figur, atau para penulis buku di aktivitas tersebut. Misalnya saja acara launching buku, diskusi, bedah buku, atau lainnya bagi para followers media sosial bisnis Anda.

 
Photo source: http://www.wikimedia.org

Dunia digital dan media sosial seolah kini memiliki peran penting sebagai pemegang kunci engagement. Namun, Anda masih harus memerhatikan bahwa masih ada sebagian orang yang lebih menyukai membaca buku fisik daripada buku digital atau e-book. Nah, manfaatkanlah sebagian orang ini sebagai sasaran engagement offline Anda.

 

3. Ciptakan Strategi Engagement yang Baik
Untuk tetap bertahan di era digital ini, tentunya Anda harus memiliki strategi engagement yang baik. Libatkan seluruh tim promosi bisnis Anda dalam menciptakan strategi yang baik. Targetkan dahulu pada pelanggan yang sudah ada, lebih baik lagi kalau strategi Anda bisa menjangkau untuk mengikat berbagai pelanggan baru.

 

Dengan menciptakan engagement yang baik, berarti Anda juga akan membangun hubungan yang baik juga pada para pelanggan. Jangan lupa sertakan berbagai aktivitas fisik yang seru untuk seluruh kalangan pelanggan Anda.