< Technology

Cara Membatalkan E-Mail yang Salah Kirim

Cara Membatalkan E-Mail yang Salah Kirim

Technology

Pernahkah Anda merasa gelisah karena salah mengirim e-mail? Jangan khawatir! Ternyata beberapa layanan e-mail, seperti Gmail dan Outlook menghadirkan menu undo alias pembatalan saat penggunanya sudah terlanjur mengirimkan e-mail ke orang yang salah. Yuk, simak cara kerjanya di bawah ini!

1. Cara Membatalkan E-Mail di Gmail
Layanan surat elektronik ini menghadirkan fitur yang memungkinkan Anda untuk "unsent" alias membatalkan pengiriman e-mail beberapa detik setelah Anda mengirim e-mail tersebut.

Cara kerjanya cukup mudah. Pertama, buka setting atau pengaturan pada akun Gmail Anda, kemudian aktifkan pilihan Undo Sent (Urung Kirim) dengan memberikan tanda centang. Anda bisa mengatur pilihan waktu pembatalan, antara 5, 10, 20, hingga 30 detik. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut!

Photo Source: http://www.cnbc.com

Selanjutnya, setelah pengaturan ini aktif, setiap kali selesai mengirim e-mail, Anda akan melihat pop-up pemberitahuan dengan opsi undo. Jika Anda belum membatalkan pengiriman pesan, Anda bisa memilih undo. Namun, perlu diingat, fitur ini hanya berfungsi sesuai waktu yang Anda pilih sebelum pesan benar-benar terkirim ke orang yang dituju.

2. Batalkan Pengiriman E-Mail di Outlook
Di Outlook, cara untuk membatalkan pengiriman e-mail agak berbeda dengan Gmail. Outlook tidak mengandalkan waktu. Selain itu, tak ada jaminan apakah penerima pesan sudah membuka e-mail tersebut atau belum. Bisa jadi, pembatalan hanya terjadi di akun e-mail Anda, tetapi sebenarnya e-mail sudah sampai di penerima.

Caranya, Anda hanya perlu membuka folder e-mail terkirim (sent). Selanjutnya, Anda bisa klik dua kali pada pesan yang ingin Anda batalkan pengirimannya. Kemudian, pilih tombol Actions di bagian atas pesan, lalu Anda bisa memilih fitur Recall This Message.

Photo Source: http://www.cnbc.com

Anda akan diberikan dua pilihan, ingin menghapus e-mail yang dibatalkan, atau ingin menghapus sekaligus menggantinya dengan e-mail yang baru.

Selamat mencoba!