< Tips

7 Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji  UMR Jakarta

7 Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji  UMR Jakarta

Tips

Upah Minimum Regional Jakarta saat ini berjumlah Rp2.700.000,-. Jika Anda baru saja bekerja dan berada dalam batas UMR tersebut, jangan khawatir. Jangan buat uang mengontrol hidup Anda tetapi sebaliknya kontrolah keuangan Anda. Caranya?

  1. Dahulukan Hal Terpenting
    Seperti yang ditulis oleh Stephen Covey, motivator ternama di AS, dalam bukunya First Thing First, sebagai makhluk sosial kita harus dapat mendahulukan hal terpenting untuk dilakukan sebelum hal lainnya yang kurang penting. Begitu juga yang harus Anda lakukan ketika penghasilan Anda masih dalam batas UMR saja. Anda harus pintar-pintar mengendalikan keuangan dengan membuat skala prioritas mana hal yang harus dibeli dan yang tidak. 
  1. Pilih Waktu Bersenang-senang
    Memang kehidupan bekerja dengan bersenan-senang haruslah seimbang. Tetapi untuk masa-masa penghasilan UMR ada baiknya Anda dapat bijaksana memilih waktu bersenang-senang. Contohnya dengan pergi jalan-jalan di akhir pekan saja atau bahkan empat hari dalam sebulan saja, di Hari Minggu saja. Memang di awal akan terasa berat tetapi ketika menjadi kebiasaan Anda dapat beradaptasi dengan baik.
  1. Manfaatkan Bantuan Keluarga atau Kerabat
    Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bantuan keluarga atau kerabat. Bukan berarti Anda harus meminta sumbangan uang mereka setiap bulan. Bantuan dapat berupa tetap berada di rumah keluarga dan menikmati fasilitas di rumah seperti untuk tidur dan makan.
  1. Jangan Berhenti Hingga Masa Percobaan Selesai
    Tidak mungkin penghasilan Anda hanya akan sebatas UMR saja selamanya. Di akhir masa percobaan atau di tahap masuk menjadi karyawan tetap Anda pasti akan mendapat kenaikan gaji. Begitulah standar perusahaan seharusnya. Tunggulah hingga masa percobaan dan kontrak selesai dan lihatlah bahwa Anda akan mengalami penambahan sejumlah uang. Kalau di saat tersebut Anda tidak juga mendapat kenaikan, lebih baik Anda mulai mencari pekerjaan baru.
  1. Buka Sosial Media Sesekali Saja
    Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa sosial media adalah sumber konsumerisme terjadi. Sebisa mungkin usahakanlah untuk tidak membuka sosial media sehingga Anda akan terhindar dari berbagai promo yang ada atau melihat teman-teman Anda yang berbelanja atau bepergian dan membuat Anda berpikir untuk melakukan hal yang sama.
  1. Belajar Menolak Ajakan Teman
    Terkadang menolak ajakan teman untuk pergi ke luar atau sekadar makan saja dapat menjadi sangat sulit. Oleh sebab itu Anda harus melatih diri sendiri untuk menolak ajakan apabila saat itu sebenarnya bukanlah hal yang penting dilakukan. Ingatlah kembali pada skala prioritas Anda.
  1. Lupakan Uang Koin
    Koin terkadang dapat menjadi penompang hidup Anda di masa-masa sulit. Cobalah untuk melupakan bahwa Anda memiliki uang koin dan sebaliknya setiap Anda memiliki uang koin taruhlah di satu tempat. Lalu di akhir bulan lihatlah kembali koleksi koin. Anda pasti akan terkejut bahwa secara tidak langsung Anda sudah menabung kecil-kecilan.