Sunday, October 20, 2019
FYI
FYI

Cara Mengenali Ciri-ciri Kanker Payudara Sejak Dini

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
18, September 2019
163

Salah satu jenis kanker yang berbahaya bagi perempuan adalah kanker payudara. Penyebab munculnya kanker payudara karena adanya kerusakan sel yang tumbuh dan menyerang jaringan payudara termasuk lobules atau penghasil air susu dan jaringan penunjang lainnya.

Jika terdapat riwayat kanker payudara pada keluarga, maka risiko untuk terkena kanker lebih tinggi. Di samping itu, beberapa faktor (gaya hidup) yang tidak sehat juga menjadi penyebab meningkatnya risiko terkena kanker payudara seperti merokok, mengonsumsi alkohol, radiasi dan lainnya.

Terlepas dari memiliki risiko atau tidak, tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara guna mengantisipasi. Berikut cara sederhana mengenali ciri-ciri kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

1. Benjolan di Payudara

Salah satu tanda awal munculnya kanker payudara adalah adanya benjolan yang dapat diraba. Namun, tak hanya kanker yang menjadi penyebab munculnya benjolan pada payudara. Benjolan di payudara juga dapat dipicu oleh rusaknya jaringan lemak dan perubahan hormonal.

Bagaimana membedakan benjolan kanker payudara dan bukan? Umumnya, benjolan di payudara yang menjadi tanda munculnya kanker payudara ditandai dengan permukaan tidak rata dan tekstur yang keras. Benjolan akan menetap hingga 10 hari bahkan setelah Anda menstruasi.

2. Perubahan Warna Kulit Payudara

Pada stadium lanjut, perubahan warna kulit payudara terlihat kemerahan seperti iritasi, teksturnya seperti kulit jeruk, dan terkadang cekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.

3. Nyeri pada Puting

Kanker payudara stadium awal juga ditandai dengan perubahan warna pada puting. Puting menjadi kemerahan dan bengkak. Kanker payudara juga bisa ditandai dengan keluarnya cairan tidak normal berwarna bening, cokelat bahkan kuning dari puting.

Oleh sebab itu, penting untuk rajin melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan guna mengenali tanda-tanda kanker payudara. Jika dirasakan ada kejanggalan pada payudara Anda seperti ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration