Tuesday, August 20, 2019
Tips
Tips

Cara Mengubah Passion Jadi Bisnis Menguntungkan

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
31, July 2019
97

Bukan hal yang tidak mungkin untuk membuat hobi jadi peluang bisnis menjanjikan. Melakukan suatu pekerjaan yang pada dasarnya Anda sukai, rasanya tidak akan terasa berat bahkan jauh lebih semangat dalam mengerjakannya. Bagi Anda yang mungkin ingin menyalurkan hobi, minat atau bakat, berikut cara sederhana mengubah hal tersebut jadi pundi-pundi uang.

1. Kenali Passion

Cara paling mudah adalah mengenali passion (hobi) yang Anda miliki. Sebagai contoh, Anda senang menulis, maka ikuti kelas menulis. Apalagi jika Anda menguasai bahasa asing, Anda bisa membuka usaha copywriter, content writer atau translator yang berpotensi mendatangkan pundi-pundi uang jika digeluti dengan sungguh-sungguh.

2. Target Pasar

Setelah mengetahui apa yang menjadi passion Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan survei untuk mengetahui siapa yang menjadi target Anda. Selain itu, pahami kondisi pasar saat ini, apa yang menjadi tren di masyarakat dan apa yang mereka cari. Misal, Anda hobi menulis, apakah passion Anda bisa menjawab kebutuhan mereka? Apakah passion Anda bisa dikembangkan ke arah yang menjanjikan? Hal tersebut juga penting diperhatikan agar dapat menyusun strategi pemasaran dan teknik lain dengan matang.

3. Networking

Setelah menggabungkan hobi dan semangat yang Anda miliki, gunakan networking (jaringan pertemanan) untuk mengembangkan bisnis tersebut. Tidak ada salahnya ikut bergabung dalam komunitas yang berkaitan dengan bisnis yang akan Anda geluti. Misal, hobi menulis maka ikuti komunitas penulis kreatif yang di dalamnya terdapat calon penulis maupun penulis profesional yang senantiasa berbagi ilmu. Selain belajar, Anda juga bisa mempromosikan diri Anda pada perkumpulan orang yang memiliki minat sama.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration