Monday, June 17, 2019
Marketing
Marketing

Cara Meningkatkan Engagement Konsumen di Instagram

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
22, January 2019
766

Instagram berhasil menarik perhatian pebisnis dengan banyak fitur menarik yang dipercaya ampuh meningkatkan engagement (kesadaran) konsumen. Seiring dengan pertumbuhan followers di dunia Instagram, maka bukan hal mudah untuk mendapatkan perhatiannya, namun bukan berarti tidak bisa. Berikut cara sederhana untuk mendapatkan sekaligus meningkatkan engagement calon konsumen di Instagram.

1. Gunakan Hashtag yang Tepat

Ketika mengunggah foto atau video di Instagram, Anda wajib menyertakan caption untuk menjelaskan foto atau video terkait. Selanjutnya, penggunaan hashtag (tanda pagar) berfungsi untuk memudahkan konsumen mencari sebuah topik. Dengan kata lain, hashtag merupakan keyword dalam pencarian di Instagram. Hashtag yang Anda buat harus sesuai dengan foto atau video yang diunggah, namun harus dibatasi penggunaannya, maksimal 30 hashtag setiap unggahan.

2. Ajak Followers untuk Tag Teman

Caption yang digunakan bisa berupa ajakan untuk mendorong followers Anda melakukan sesuatu secara aktif, entah saling membalas pesan dengan pengguna lain pada kolom komentar atau mengajak pengguna lain untuk terlibat pada unggahan Anda melalui fitur tag. Gunakan kalimat persuasif yang membuat followers Anda yakin untuk men-tag teman, keluarga atau pasangannya pada unggahan Anda.

3. Maksimalkan Fitur Insta Stories

Fitur Instagram lain yang dianggap sangat ampuh sebagai media promosi sekaligus meningkatkan engagement konsumen adalah Insta Stories. Untuk meningkatkan kesadaran konsumen pada merek dan produk Anda, pastikan Anda memilih foto atau video yang sederhana namun cukup mencolok saat dilihat, misal menggunakan warna-warna kontras untuk menunjukkan nama produk dan harga. Bahkan jika pengikut Anda sudah mencapai puluhan ribu, dan akun Anda sudah beralih ke profil bisnis, Anda pun bisa menambahkan link website pada unggahan Insta Stories Anda. Ini tentunya sangat bermanfaat jika bisnis Anda memiliki website.  

 

 

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration