Tuesday, April 07, 2020
Tips
Tips

Cara Menjaga Kesehatan Anak di Tengah Wabah COVID-19

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
23, March 2020
159

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membantu anak memahami wabah COVID-19 tanpa membuat takut sekaligus menjaga kesehatan mereka.

1. Cuci Tangan

Setiap individu termasuk anak-anak dapat melindungi diri dari COVID-19 dimulai dengan cara paling sederhana, yakni cuci tangan. Ahli kesehatan menganjurkan untuk cuci tangan dengan sabun selama 15 - 30 detik dan dibilas di bawah air mengalir. Pasalnya, sabun memiliki senyawa yang dapat mengikat molekul air dan kuman secara bersamaan. Saat dibilas, aliran air akan pergi bersama kuman yang sudah terikat. Selain itu, busa saat mencuci tangan juga dapat membantu mengangkat kuman dan kotoran dari kulit. Pastikan, anak Anda mencuci tangan setelah memegang mainannya, setelah batuk atau bersin, sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah memegang hewan peliharaan dan setelah menyentuh orang sakit. 

2. Hidrasi

Cara sederhana kedua adalah meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan hidrasi yang cukup. Yang paling baik adalah mengingatkan anak untuk minum setiap kali merasa haus sehingga tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Anda juga disarankan untuk memberikan anak makanan berupa sayuran dan buah-buahan terutama yang mengandung banyak air seperti semangka, tomat, dan mentimun.

3. Minum Jahe

Mungkin cara terakhir ini menjadi momok yang menakutkan bagi anak-anak. Sebab, tidak semua anak suka dengan rasa jahe, karena memberikan efek hangat. Jahe yang mengandung curcumin berfungsi sebagai anti bakteri sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayangnya, untuk minuman dari (olahan) jahe, baru boleh dikonsumsi anak di atas usia 2 tahun. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan sedikit parutan jahe dalam makanan anak seperti sup dan bubur atau merebus beberapa ruas jahe ditambah dengan perasan jeruk nipis dan madu agar rasanya tidak terlalu kuat.

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/ 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration