Wednesday, January 29, 2020
Technology
Technology

Cara Mudah Kompresi File PDF

Spectr News Theme Isny Dewi R.
05, December 2019
381

Anda yang bekerja atau kuliah mungkin sering mendapati file atau berkas dalam format PDF. Ya, dokumen PDF memang sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan atau untuk Anda yang ingin melamar kerja di sebuah perusahaan. Berkas jenis ini dianggap aman karena tidak dapat disunting oleh pihak yang menerima berkas.

Yang menjadi permasalahan adalah seringkali kita diharuskan untuk mengunggah atau mengirim file PDF berukuran kecil sekitar 100 – 300kb saja. Padahal, rata-rata ukuran PDF bisa sampai 2 mb atau bahkan lebih. Lalu bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF? Jangan khawatir! Check In Jakarta punya solusinya.

Satu-satunya cara untuk mengecilkan file PDF adalah dengan mengompresnya. Anda tak perlu menginstal software atau aplikasi apapun, karena kini ada banyak website kompres online yang bisa Anda gunakan untuk mengompres dokumen dengan cara yang sangat mudah. Berikut situs web kompres online yang bisa Anda kunjungi.

1. PDFCompressor
PDFCompressor adalah salah satu website kompress PDF yang sangat sederhana. Kelebihan situs ini adalah ia tidak mengubah piksel atau kerapatan dot per inci sama sekali dari dokumen aslinya. Meski tidak menyediakan opsi untuk kualitas file yang dikompres, namun PDFCompressor langsung menyediakan tautan unduh dokumen sehingga lebih cepat dan efisien.

Cara menggunakannya sangat mudah. Buka pdfcompressor.com, cukup lalu unggah file PDF yang akan dikompres. Tunggu beberapa detik saja dan file PDF yang sudah dikompres pun langsung bisa diunduh.

2. ILOVEPDF
Website kompres PDF selanjutnya adalah ILOVEPDF. Buka laman www.ilovepdf.com, lalu klik tombol "Select PDF Files" atau bisa juga dengan cara men-drag berkas PDF ke tombol tersebut. Setelah itu, Anda dapat memilih tiga menu kompresi, yakni Extreme, Recommended, dan Less. Kamu bisa memilih Extreme atau Recommended untuk mengubah ukruan file PDF menjadi 100kb. Setelah memilih, tinggal klik tombol Compress PDF. Tunggu beberapa detik dan file PDF siap diunduh.

3. Smallpdf
Cara kerja website kompres PDF ini hampir sama dengan ILOVEPDF. Namun, Smallpdf juga menyediakan opsi mengunggah dokumen dari Google Drive atau Dropbox. Di smallpdf.com, Anda bisa memilih Basic Compression, dengan hasil kompresi 40% atau sekitar 800 kb; dan Strong Compression dengan hasil kompresi hingga 75%. Untuk opsi Strong Compression, meski berbayar namun Anda bisa mencoba free trial-nya. File yang sudah terkompres juga bisa langsung dijadikan lampiran melalui Gmail. Selamat mencoba!

Image by pixabay.com/users/vowblog_official

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration