Tuesday, September 17, 2019
Tips
Tips

Cara Mudah Mencegah Pencurian Kendaraan Bermotor

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
03, July 2019
319

­

Belakangan ini, pencurian kendaraan bermotor semakin marak. Tidak hanya di tempat umum, bahkan di rumah pun bisa terjadi. Para pelaku biasanya sudah mengawasi gerak gerik korban sebelum mengeksekusi dengan cara yang semakin terampil. Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, berikut beberapa tips mudah untuk mencegah kendaraan Anda menjadi sasaran para pelaku pencurian.

1. Pasang GPS Tracker

Untuk pemilik mobil tahun pembuatan di bawah 2012 – 2015 harus ekstra hati-hati, karena pencurian mobil menggunakan cara memecahkan kaca kemudian melumpuhkan sistem alarm dengan mencabut fuse yang bisa melumpuhkan sistem alarm bukan perkara sulit bagi para pelaku. Anda bisa menyiasatinya dengan GPS tracker. Dengan GPS tracker, Anda bisa melacak dan mengetahui keberadaan mobil secara akurat.

2. Kunci Ganda

Sama seperti sepeda motor, mobil juga bisa dikunci otomatis. Kunci otomatis di sini bukan kunci tambahan, namun steer lock. Setelah mematikan mobil, setir dapat dikunci (kunci sudah diputar ke posisi lock agar bisa dicabut) dengan cara memutarnya 60 – 75 derajat hingga muncul suara mengunci. Jika Anda takut cara tersebut akan merusak power steering, Anda bisa memilih beberapa jenis kunci stir mobil tambahan, seperti Rally Armored Bar, Security Bat Type R, Hipowerlok, Stefo Car Lock atau Yale.

Sementara untuk sepeda motor, setiap jenis kunci pengaman memiliki keunikan sendiri, misal kunci pengaman motor jenis rantai, lebih panjang dan lebih berat rantai akan membuat motor lebih aman atau jenis cakram, dengan ukuran lebih kecil. Alat pengaman ini biasanya dilengkapi dengan pendeteksi getaran dan akan memicu alarm dengan suara cukup keras.

3. Tambah Sticker

Terdengar sepele, namun berguna, misal jika sepeda motor atau mobil Anda kemalingan, setidaknya sticker tambahan yang Anda pasang di bagian-bagian tertentu bisa menjadi pengenal saat pencarian. Usahakan memilih tempat strategis untuk dipasang sticker, seperti spakbor belakang untuk sepeda motor atau di spion untuk mobil.

 

 

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration