< Tips

Cara Mudah Mengatur Keuangan untuk Generasi Millennial

Cara Mudah Mengatur Keuangan untuk Generasi Millennial

Tips

Kondisi keuangan di masa depan tentu tidak lepas dari rencana yang dibuat sejak dini. Sebab, penting untuk memiliki tujuan finansial agar pendapatan yang diterima setiap bulan tidak terbuang sia-sia. Berikut cara mudah yang dapat diterapkan untuk mengatur keuangan bulanan.

1. Rekening Bank

Mempersiapkan masa depan dapat dimulai dengan memiliki dua rekening tabungan. Satu rekening digunakan untuk dana operasional (sehari-hari) dan satu rekening lainnya untuk menabung. Anda juga bisa menggunakan sistem autodebet (pemotongan secara otomatis) untuk rekening tabungan. Jumlahnya tentu disesuaikan dengan kebutuhan Anda, biasanya setelah dikurangi dengan kebutuhan individu harian dan hutang (jika ada).

2. Perencanaan Keuangan Rutin Setiap Bulan

Sebelum memutuskan besaran jumlah autodebet, sangat dianjurkan untuk membuat perencanaan keuangan rutin setiap bulan. Jika sudah mengetahui perkiraan jumlah yang harus Anda keluarkan setiap bulannya, maka Anda dapat menyisihkan sesuai dengan jumlah yang tercatat.

3. Asuransi

Dari banyak pilihan asuransi, asuransi kesehatan dirasa cocok untuk generasi milenial. Asuransi merupakan bentuk solusi dari berbagai hal yang tidak bisa dipastikan kapan terjadinya. Misalnya mengalami kecelakaan dan harus rawat inap, dengan asuransi, Anda tentu tidak perlu bingung memikirkan biayanya. Jika Anda butuh perlindungan, maka wajib membeli asuransi.

4. Investasi Reksa Dana

Selain asuransi, investasi juga dianggap sebagai barang mahal. Padahal, ada banyak pilihan investasi dengan modal minim ramah kantong seperti reksa dana. Mengutip www.dbs.com, Reksa Dana merupakan kumpulan dana dari investor yang kemudian dibelikan berbagai instrumen investasi seperti obligasi atau saham di banyak perusahaan. Dengan catatan risikonya relatif lebih kecil namun keuntungan yang didapat bisa lebih tinggi. Nilai awal investasinya pun cukup rendah, mulai dari Rp10.000 saja, yang bisa dibeli dengan mudah di beberapa tempat bersertifikasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).