Friday, September 20, 2019
Tips
Tips

Cara Mudah Merawat Ban Kendaraan Agar Lebih Awet

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
19, March 2019
676

Semua bagian kendaraan perlu dirawat, terutama ban, bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan. Selain menopang bobot, ban juga memiliki tugas untuk menahan guncangan di jalan rusak. Berikut cara mudah merawat ban kendaraan agar lebih awet.

1. Cek Tekanan Angin

Baik kendaraan bermotor roda dua atau empat, sebelum bepergian, terutama jika hendak bepergian jauh, Anda wajib mengecek tekanan angin. Tekanan angin pada ban harus pas, tidak boleh kurang dan berlebih. Jika tekanan angin pada kendaraan kurang, berakibat pada meningkatnya penggunaan bahan bakar kendaraan. Sementara jika tekanan anginnya terlalu keras mengakibatkan ban kurang sempurna mencengkram jalan dan rawan meletus terutama jika suhu aspal panas.

2. Tutup Pentil

Meski dianggap sepele oleh banyak orang, ternyata tutup pentil merupakan komponen penting untuk menjaga ban kendaraan agar tetap awet. Tutup pentil berfungsi untuk mencegah udara di dalam ban tidak keluar. Jika tidak menggunakan tutup pentil kotoran di jalanan atau air saat hujan dapat masuk melalui celah kecil pada katup.

3. Rotasi Ban

Cara sederhana ini bisa dilakukan untuk membuat ban kendaraan bermotor roda empat Anda memiliki keausan yang merata. Pasalnya, ban depan lebih mengalami banyak gesekan saat mobil belok dan mengerem sehingga lebih cepat gundul. Jika Anda ingin melakukan rotasi, lakukan secara menyilang, dari depan kiri ke kanan, belakang dan sebaliknya. Sangat dianjurkan untuk melakukan rotasi setiap 10.000 km secara berkala.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration