Sunday, October 20, 2019
Bisnis
Bisnis

Cara Sederhana Bangkitkan Bisnis yang Sedang Lesu

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
07, October 2019
97

Setiap jenis usaha yang dilakukan pasti ada pasang surutnya. Meskipun demikian, jangan mudah menyerah untuk mencapai kesuksesan yang Anda impikan. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan kembali bisnis yang sedang lesu.

1. Kenali Masalah

Tidak malas untuk mencari tahu penyebab turunnya pendapatan usaha Anda menjadi salah satu cara sederhana untuk mengembangkan bisnis. Misalnya, penyebab utama menurunkan pendapatan Anda adalag produk atau jasa yang ditawarkan tidak mampu bersaing dengan kompetitor lain. Jika sudah mengetahui hal tersebut (masalah), Anda dituntut untuk lebih kreatif agar dapat menelurkan produk atau jasa yang lebih inovatif sekaligus mampu menjawab kebutuhan konsumen.

2. Sumber Daya Manusia

Tidak ada salahnya mengecek apakah tim yang selama ini bekerja dengan Anda bermasalah atau tidak. Yang dahulu mungkin terlihat kompak bekerja sama, sekarang kurang bersemangat. Saat dihadapi dengan kenyataan bahwa bisnis mengalami penurunan, Anda harus bisa mengatasi hal ini, perbaiki sumber daya manusia yang ada. Jangan sampai ada masalah internal yang dibiarkan berlarut-larut dan menyebabkan kinerja jadi tidak maksimal sehingga tidak dapat mencapai target yang Anda inginkan.

3. Promosi

Sebetulnya, saat bisnis Anda mengalami penurunan, Anda memiliki kesempatan untuk mencoba strategi pemasaran yang baru. Manfaatkan saran dan kritik yang diberikan oleh konsumen. Manfaatkan pula media sosial untuk meningkatkan promosi secara efisien dan efektif. Jangan ragu menjalin kerja sama dengan pihak lain yang memiliki kesamaan visi dan misi.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration