Sunday, August 25, 2019
FYI
FYI

Cara Sederhana Jaga Kesehatan Selama Mudik

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
27, May 2019
516

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, mudik menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat. Menempuh perjalanan panjang tentu bukan perkara mudah. Tubuh yang prima menjadi faktor penting saat melakukan perjalanan jauh. Berikut cara sederhana untuk menjaga kesehatan agar mudik berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

1. Olahraga

Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum mudik. Misalnya jogging santai selama 20 menit per hari untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Di hari H, agar terhindar dari pegal-pegal selama perjalanan, terutama bagi Anda yang memilih mudik dengan moda transportasi bus, kereta atau kapal laut, dapat melakukan peregangan terutama di area pinggang dan kaki saat sedang beristirahat di rest area.

2. Makanan

Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan jauh adalah pagi hari setelah sahur, saat perut masih terisi penuh dan tubuh dalam kondisi fit. Saat sahur, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan terlalu pedas dan asam. Anda bisa memilih sup, sayuran seperti mentimun dan buah seperti semangka dan melon yang mengandung lebih banyak air untuk mencegah dehidrasi.

3. Hindari Dehidrasi

Minum air putih yang cukup merupakan kunci penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama melakukan perjalanan panjang. Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa muda yang mengandung elektrolit lebih tinggi dibanding air putih. Air kelapa muda dapat dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration