Sunday, September 22, 2019
Tips
Tips

Cara Sederhana Melatih Otak Agar Berpikir Positif

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
07, August 2019
300

Percayakah Anda bahwa salah satu kunci kebahagiaan adalah senantiasa berpikir positif? Meski demikian, ternyata bukan perkara mudah melatih otak agar senantiasa positif. Berikut cara sederhana yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk melatih otak agar berpikiran positif.

1. Alam Bawah Sadar

Ada banyak cara melatih alam bawah sadar untuk melepaskan pikiran negatif yang dapat menghambat diri untuk berkembang, salah satunya meditasi. Saat meditasi, lepaskan semua hal-hal yang menyakitkan dari masa lalu, pikiran negatif yang membuat Anda merasa tidak nyaman, tanamkan keyakinan pada diri Anda bahwa semua akan baik-baik saja. Latih otak untuk bersikap optimis, yakin pada diri Anda bahwa Anda bisa melakukan hal terbaik meskipun dalam keadaan sulit.

2. Fokus

Meski perasaan dan pikiran negatif datang menghampiri, fokus pada hal yang baik. Sebab, selalu ada celah agar kita dapat bersyukur meski sedang dirundung masalah. Tanamkan pada diri Anda bahwa “Saya pasti bisa!”, “Saya akan berhasil!” dan kata-kata lain untuk memotivasi diri agar merasa kuat menjalani hidup.

3. Jangan Menyangkal

Melatih otak untuk berpikir positif bukan berarti menyangkal apa yang terjadi, terutama jika hal yang Anda lakukan tersebut salah. Beri waktu pada diri Anda untuk menganalisis kesalahan yang terjadi. Jika sudah mengetahui apa penyebabnya, tanamkan pada diri Anda bahwa Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. Anggap jika kesalahan tersebut merupakan kesempatan untuk memperoleh hal-hal baik lainnya dalam hidup. Misal, jika Anda kehilangan pekerjaan, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bahkan membuka bisnis sendiri.

 

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration