Monday, September 23, 2019
Tips
Tips

Cara Sederhana Mengatasi Kecanduan Gawai

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
19, June 2019
444

Tidak dapat dipungkiri jika gawai menjadi bagian hidup masyarakat urban saat ini. Sayangnya, kebutuhan tersebut bisa menyebabkan kecanduan yang berdampak buruk pada mental maupun fisik. Apakah Anda salah satunya? Berikut cara sederhana mengatasi kecanduan gawai.

1. Atur Waktu

Ada beberapa cara yang dianggap ampuh untuk membatasi penggunaan gawai. Instagram memiliki activity dashboard untuk mengatur seberapa lama waktu yang Anda habiskan di platform tersebut. Anda bisa membuka opsi “Setting” pada aplikasi Instagram dan pilih opsi “Your Activity”. Di bagian paling atas, Anda bisa melihat dashboard berisi waktu rata-rata saat menggunakan Instagram.

Di bagian bawahnya, Anda bisa mengatur pengingat harian jika sudah mencapai waktu maksimum di hari tersebut. Anda juga bisa mengakses opsi “Mute Push Notifications” untuk membatasi notifikasi dari Instagram. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh aplikasi tambahan seperti AppDetox (iOS) atau Rescue Time (Android) untuk mengatur waktu penggunaan ponsel harian.

2. Matikan Notifikasi

Tidak jarang notifikasi yang datang dari berbagai aplikasi mengganggu aktivitas Anda. Mematikan notifikasi dapat membantu Anda mengurangi konsumsi pemakaian gawai. Namun, Anda memiliki pilihan untuk tetap mengaktifkan beberapa aplikasi agar tetap terhubung dengan kontak orang-orang penting seperti orang tua, istri, suami atau pekerjaan. Setidaknya, Anda tidak akan mengecek gawai setiap kali ada notifikasi masuk yang belum tentu penting.

3. Hapus Aplikasi

Jika komunikasi menjadi hal penting, maka tidak ada salahnya menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk berkomunikasi. Selain aplikasi media sosial, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menghapus game. Keduanya membantu Anda untuk terlepas dari kebiasaan mengutak-atik atau terus menerus membukanya meski tidak butuh. Selain itu, menghapus aplikasi yang tidak penting bisa membuat kapasitas ponsel lebih lega.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration