Friday, November 15, 2019
Bisnis
Bisnis

Cara Sederhana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
09, September 2019
406

Salah satu tolak ukur berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang Anda terapkan pada bisnis barang maupun jasa adalah kepuasan pelanggan. Tanggapan yang diberikan pada konsumen setelah kebutuhkannya (produk maupun jasa) terpenuhi menjadi salah satu tujuan strategi pemasaran.

Membuat pelanggan puas bukan perkara mudah, pasalnya masing-masing pelanggan memiliki harapan dan tingkat kepuasan berbeda. Kepuasan tentu tidak hanya berkutat pada kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan, namun juga pelayanan. Berikut cara sederhana meningkatkan kepuasan pelanggan agar dapat meraup lebih banyak keuntungan.

1. Kualitas

Di samping memastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan berkualitas, seperti tidak ada cacat atau kerusakan sampai di tangan pelanggan, jangan ragu untuk senantiasa memberikan perhatian kepada pelanggan. Tanyakan kepada mereka apakah produk atau jasa Anda sudah sesuai dengan kebutuhan atau keinginan mereka. Buat mereka merasa spesial, dengan begitu mereka tidak segan membeli produk atau menggunakan jasa Anda kembali di kemudian hari.

2. After Sales

Hal ini wajib dilakukan setelah pelanggan membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Sekadar bertanya apakah produk atau jasa yang mereka beli sesuai atau tidak, ada kritik dan saran atau tidak, puas atau tidak, hal sederhana seperti itu wajib dilakukan untuk memahami kebutuhan pelanggan Anda.  

3. Harga Produk atau Jasa

Sesuaikan harga produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan kondisi pasar saat ini. Sebab, pelanggan tidak segan membandingkan (harga) antara banyak produk atau jasa yang akan mereka gunakan. Pastikan harga produk atau jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan kualitas dan pelayanan, sehingga pelanggan percaya, puas dan akan terus menjadi pelanggan setia usaha Anda.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration