< Cafe & Resto

Cari Makanan Belanda? Ke 5 Pilihan Resto Ini Saja!

Cari Makanan Belanda? Ke 5 Pilihan Resto Ini Saja!

Cafe & Resto

Sebagai negara bekas jajahan Belanda, Indonesia turut mengenal masakan khas Negeri Kincir Angin tersebut. Tak heran bila di Jakarta Anda masih bisa menemukan beberapa restoran yang menyajikan makanan Belanda. Di mana saja, ya? Yuk, simak di bawah ini!

1. H.E.M.A. Resto
Terletak di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, memasuki salah satu cabang dari H.E.M.A. Resto ini Anda akan melihat berbagai hiasan khas Belanda seperti bunga tulip dan sepatu clog yang dipajang di dinding. Nuansa vintage yang nyaman bisa Anda rasakan saat menyantap berbagai makanan Belanda di sini. Penasaran dengan makanannya?

Photo source: Facebook (Hema Resto)

Ada beberapa menu favorit yang bisa Anda cicipi, seperti Stampoot Met Worst yakni kentang tumbuk yang disajikan dengan sosis, potongan sayur, dan disiram dengan saus barbekyu. Ada juga Hutspot Met Klapstuk, yakni kentang tumbuk dengan daging yang disiram dengan saus creamy yang gurih. Yummy! Kalau ingin cemilan, Holland Kroket bisa menjadi pilihan, nih. Untuk minuman, HEMApuccinno yang bisa dinikmati dingin atau panas akan menyegarkan dengan rasa kopinya yang sedikit milky.

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 18, Gandaria, Jakarta Selatan, Indonesia
No. Telp: +62217393891
Jam Operasional: 10.00 – 22.00 WIB
Website: http://hema-resto.com
Facebook: Hema Resto
Twitter: @hema_resto 

2. Lekker Bekker
Nah, kalau sedang jalan-jalan di Mall @ Alam Sutera dan tiba-tiba kepingin makanan khas Belanda, Anda bisa mampir ke Lekker Bekker. Resto yang dikemas dengan desain unik ini menyajikan masakan Belanda dengan gaya masakan rumahan. Mungkin Anda akan merasa seperti sedang makan di rumah nenek. Yuk, mulai dari makanan pembuka yang bisa dicicipi seperti Huzarensla Salad atau Bruinebonen Soep.

Untuk makanan utama, Anda bisa memilih mau Lekker Bekker Steak Balls, Galantine, Steak “Lidah” ala Lekker Bekker, atau yang istimewa yakni Sizzling Rice yang disajikan langsung di atas wadah panas berbentuk wajan. Kalau ingin yang manis-manis, Anda bisa mencicipi Pannekoeken yakni pancake tipis khas Belanda, Bolletjes, atau Poffertjes. Dengan harga yang terjangkau, pastinya nongkrong di sini akan semakin menyenangkan, deh.

Alamat: Mall @ Alam Sutera, Lantai 2, Jl. Jalur Sutera Barat, Alam Sutera, Tangerang
No. Telp: +62213448367
Jam Operasional: 10.00 – 22.00 WIB

3. Londo Kitchen
Di kawasan Bintaro, Anda bisa menemukan Londo Kitchen. Tepatnya di Bintaro Town Square atau yang lebih dikenal dengan nama Bitoz. Memasuki kawasan Bitoz dari depan, Anda dapat menemukan Londo Kitchen di sebelah kiri dengan kincir angin yang terletak di atas kedainya. Londo Kitchen menjagokan menu camilan khas Belanda seperti Stroopwafel yang dibuat dengan resep spesial, Risol Keju Londo, Kroket Londo, Kaassouffle, Kue Lekker, dan juga Poffertjes.

Photo source: Instagram (@londokitchen)

Untuk makanan utamanya, Londo Kitchen menyajikan menu fusion Indonesia seperti Nasi Goreng Rendang, Iga Penyet, hingga Soto Mie. Untuk minumannya, Anda harus mencicipi Blended Ice Nutella Londo yang menjadi favorit para pengunjungnya. Penasaran? 

Alamat: Bintaro Town Square, Kawasan Sentra Niaga Sektor 7, Bintaro, Tangerang Selatan
No. Telp: +6289680835667
Jam Operasional Bitoz: Senin – Jumat: 10.00 – 00.00 WIB, Sabtu: 07.00 – 02.00 WIB, Minggu: 07.00 – 00.00 WIB
Instagram: @londokitchen 

4. Dijan’s
Di tempat yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini, Anda bisa mencicipi menu Poffertjes. Yup, Dijan’s memang dikenal sebagai tempat yang paling enak untuk menikmati kue tradisional khas Belanda ini. Tidak hanya itu, Dijan’s masih punya menu lainnya, lho, seperti Pannekoeken dengan berbagai topping, Bitterballen, Chicken Croquet, Erwtensoep, salad, pasta, dan juga berbagai menu spesial lainnya yang sayang bila tidak dicicipi. Hampir semua nama menu di Dijan’s ditulis dalam bahasa Belanda, namun jangan khawatir karena di bawahnya tersedia penjelasan dalam bahasa Inggris.

Memasuki tempatnya, perabotan kayu mendominasi tempat ini. Suasananya yang homey pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Di akhir pekan, Anda juga bisa menikmati menu sarapan yang disajikan mulai dari jam 7 pagi hingga jam 12 siang. Beberapa menunya adalah Aligot Beef Polpette, French Toast, dan Traditional Sandwich yang rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Dijan’s memang cocok sebagai tempat untuk bersantap bersama keluarga dan juga teman-teman. 

Alamat: Jl. Kemang Selatan No. 102A, Kemang, Jakarta Selatan, Indonesia
No. Telp: +622171793538
Jam Operasional: Senin – Jumat: 10.00 – 22.30 WIB, Sabtu – Minggu: 07.00 – 22.30 WIB
Instagram: @2ndbreakfastbar
 

5. De Mingle
Restoran yang satu ini memiliki konsep bistro dengan menu makanan peranakan Belanda. Sedikit berbeda dengan keempat tempat sebelumnya, De Mingle memiliki interior modern khas restoran kekinian yang tentunya tetap membuat Anda nyaman saat bersantap di sini. Bila Anda ingin ngemil, coba pesan De Mingle Sampler yang terdiri dari camilan ala Indonesia dan Belanda seperti tahu kipas, bitterballen, risolles, dan croquette.

Photo source: Facebook (De Mingle - Indo Dutch Bistro) / http://www.demingle.com

De Mingle juga memiliki menu untuk sharing seperti Oxtail Soup, aneka ayam goreng dengan porsi 6 potong seperti Ayam Goreng Sambal Ijo, Ayam Goreng Lengkuas, Ayam Bakar Rojak, dan Ayam Goreng Serundeng. Kalau ingin makanan khas Belanda, ada Dutch Ox Tongue Steak, Lapjes Van Moeke yang merupakan steak sirloin, serta Rijsttafel. Ingin yang manis-manis? Tenang saja, ada pilihan menu Poffertjes, Apple Crumble, Pannekoek, Caramelized Banana, dan Lumpia Tape. Hmm… lengkap, ya? So, sudah tahu mau berkunjung ke yang mana dulu?

Alamat: Ruko Graha Handaya, Jl. Raya Perjuangan 12A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Indonesia
No. Telp: +622153660431
Jam Operasional: Minggu – Kamis: 09.00 – 21.00 WIB, Jumat – Sabtu: 09.00 – 23.00 WIB
Website: http://www.demingle.com/
Facebook: De Mingle – Indo Dutch Bistro
Instagram: @deminglebistro