Wednesday, July 24, 2019
Cafe & Resto
Cafe & Resto

Cari Makanan Belanda? Ke 5 Pilihan Resto Ini Saja! (Part 2)

Spectr News Theme Isny Dewi R.
15, February 2019
895

Ingin mencicipi sesuatu yang beda akhir pekan ini? Bagaimana kalau mencoba hidangan khas Belanda? Tak perlu jauh-jauh ke Belanda, di Jakarta ada banyak restoran yang menawarkan makanan khas Belanda yang menggugah selera. Seperti lima restoran berikut ini.

1. Goedkoop
Sejak 2013, Goedkoop sudah meramaikan kawasan Bendungan Hilir. Dengan slogan "Warung Kopi Belanda", hingga kini Goedkoop selalu ramai pengunjung. Terutama saat jam pulang kantor dan akhir pekan. Suasana di kedai kopi ini cukup semarak. Anda akan menemukan perpaduan interior modern dan kuno. Ada bagian yang memakai furnitur bergaya Belanda, tapi ada juga sentuhan ukiran kayu khas Indonesia.

Untuk menunya, Goedkoop menawarkan aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Sesuai dengan namanya dalam bahasa Belanda, Goedkoop berarti “murah”. Dalam daftar menu terdapat beberapa menu khas Belanda, seperti Koffie Verkeerd, Classic Bitter Ballen, Chocolademelk, Huzaren Salad, Poffertjes, Patate dan aneka Pannekoek.

Jika Anda tertarik mencoba menu khas Belanda, Anda bisa memilih Classic Bitter Ballen (Rp 32.000). Menu ini berisi 5 bola-bola Bitter Ballen yang dilapisi tepung roti berwarna cokelat keemasan dengan tambahan saus mosterd atau mustard. Baluran tepung roti yang digoreng terasa renyah saat digigit. Sementara isiannya terasa gurih creamy mirip ragout. Cincangan daging di dalamnya juga terasa gurih kuat. Sementara terasa agak masam dengan tekstur creamy, dan sedikit rasa kari. Cocok mengimbangi kegurihan Bitter Ballen.


Photo Source: @goedkoopjkt

Goedkoop
Instagram: @goedkoopjkt
Alamat: Jl. Bendungan Hilir Raya No. 62, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
No. Telp: 021 5734430
Jam buka: Senin – Kamis 10.00 – 22.00, Jumat dan Sabtu 10.00 – 23.00, Minggu: 07.00 – 22.00 WIB

2. Huize Van Wely
Memiliki desain interior yang modern, Huize Van Wely akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Tatanannya yang apik juga akan membuat Anda ingin mengambil foto di tiap sudutnya. Dominasi warna putih dengan kombinasi lantai warna kayu gelap memberikan kesan mewah saat Anda memasuki ruangannya. Di sini, Anda dapat mencicipi menu-menu Belanda yang sangat menggiurkan seperti Kroket, Bitterballen, Saucijzenbroodje, Rookworst, dan Dutch Pea Soup.

Huize Van Wely
Alamat: The Papilion, Jl. Kemang Raya No. 45AA, Kemang, Jakarta Selatan
No. Telp: 021 7191975
Jam buka: Setiap hari 10.00 – 22.00 WIB

3. Bistik Delaris
Anda yang tinggal atau kebetulan sedang melintas di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan bisa mampir ke restoran ini dan mencoba bistiknya. Dengan konsep open space, dan klasik, dijamin Anda akan menyukainya. 

Bistik Delaris menyajikan hidangan khas Belanda, Jawa, dan Indonesia. Salah satu menu andalannya adalah Autentik Bistik Komplit (Rp 37.500), hidangan peranakan Indonesia dan Belanda. Disajikan dengan kentang, dan kuah semur, lengkap dengan gehakt yang berarti daging giling dalam bahasa Belanda.

 
Photo Source: https://www.zomato.com/id/jakarta/bistik-delaris-fatmawati

Bistik Delaris
Alamat: Jl. Pangeran Antasari No. 44, Fatmawati, Jakarta Selatan
No. Telp: 021 29124347
Jam buka: Senin – Sabtu: 11.00 – 22.00 WIB, Minggu: 09.00 – 19.00 WIB

4. Cafe Batavia
Mengusung tema vintage bergaya colonial, kafe ini sudah ada sejak tahun 1993, namun bangunannya sudah ada sejak tahun 1850-an, saat zaman kolonial Belanda. Sebagian besar perabotan dan furnitur yang digunakan terbuat dari kayu jati Jawa yang diproduksi pada akhir abad ke-19. Ada juga lampu-lampu antik yang menghiasi langit-langit kafe. Bagi yang hobi foto OOTD, ada satu spot di lantai dua dengan begitu banyak foto yang tersusun rapi di dinding. Semua foto tersebut merupakan koleksi pribadi pemilik kafe.

Untuk menunya, Café Batavia menyuguhkan menu Western, Asia, dan Indonesia. Tentunya di sini Anda juga dapat menikmati berbagai sajian khas Belanda, seperti Uitsmijter, Bitter Ballen, Erwten Soup, dan Tender Dutch Veal.

Café Batavia
Instagram: @cafe_batavia
Alamat: Taman Fatahilah, Jl. Pintu Besar Utara No. 14, Kota, Jakarta Barat
No. Telp: 021-6915531
Jam buka: Minggu – Kamis: 08.00 – 00.00 WIB, Jumat dan Sabtu: 08.00 – 01.00 WIB

5. TULP Indo-Dutch Restaurant
Sesuai namanya, restoran ini menyediakan hidangan Indonesia dan Belanda. TULP Resto berkonsep family dining, sehingga sangat cocok untuk keluarga yang ingin makan bersama. Menu Belanda yang bisa Anda nikmati di sini antara lain Husarensla, Bruinebonen Soep, Tomaten Soep, Biterballen, dan Bistik Lidah yang patut dicoba.


Photo Source: @tulp_resto 

TULP Indo-Dutch Restaurant
Instagram: @tulp_resto
Alamat: Ruko Sparks, Blok C No. 22, Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang
No. Telp: 021 54212500
Jam buka: Setiap hari 10.00 – 22.00 WIB

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration