Sunday, August 18, 2019
FYI
FYI

Cegah Alzheimer dengan Rajin Membaca Buku

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
10, December 2018
941

Anda mungkin sudah akrab dengan istilah satu ini, Alzheimer, kondisi di mana penderitanya mengalami penurunan fungsi otak disertai dengan berbagai gejala, seperti sering lupa, sulit fokus, sulit untuk membaca, membedakan warna, mengenali wajah hingga mengalami perubahan emosi secara drastis. Ternyata, bukan hanya lansia saja yang bisa mengalami hal tersebut, anak muda pun memiliki potensi terserang Alzheimer. Meski demikian, Anda bisa mencegahnya sejak dini dengan cara paling sederhana, yakni membaca buku.

Pada penderita Alzheimer ditemukan senyawa protein berbahaya, amyloid beta yang bisa dikurangi jumlahnya dengan kegiatan membaca atau menulis. Membaca dapat merangsang sel otak untuk berkonsentrasi pada detail atau cerita yang disajikan dalam sebuah bacaan.

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan otak untuk mengingat seringkali mengalami penurunan. Namun, dengan rutin membaca sejak dini, otak dirangsang untuk mengingat hal-hal baru, sekaligus memperkuat ingatan yang sudah ada.

Anda bisa memulainya dengan bacaan yang ringan dan menghibur seperti membaca novel, cerita pendek bahkan sinopsis film favorit Anda, yang penting adalah bacaan positif yang juga berfungsi untuk menjaga suasana hati selama membaca agar tetap tenang.

 

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration