< FYI

Cegah Kanker Payudara dengan Mengonsumsi 6 Makanan ini

Cegah Kanker Payudara dengan Mengonsumsi 6 Makanan ini

FYI

Menjadi penyumbang kematian pertama pada perempuan di seluruh dunia, kampanye kesehatan melawan kanker payudara terus digalakkan. Banyak acara bertema kesadaran terhadap penyakit ini digelar di berbagai belahan dunia. Mulai dari penyuluhan pemeriksaan sendiri, penyediaan pemeriksaan klinis, hingga kepedulian terhadap pasien yang berjuang melawan kanker payudara.

Meski begitu, bukan berarti kita tidak dapat mencegahnya. Salah satu cara termudah menghindari munculnya penyakit ini adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Apa sajakah makanan tersebut?

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan yang dimaksud di sini adalah kacang varian hitam dan navy. Karena kacang tersebut dapat membantu meningkatkan produksi aponin, protease inhibitor, dan phytic acid. Semua kandungan itu terbukti dapat membantu mencegah atau menghambat pertumbuhan kanker. Makanan ini juga bisa masuk ke menu diet Anda, lho.

Selain dua varian tersebut, walnut atau kacang kenari juga terbukti dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Ini disebabkan adanya zat phytosterol yang terkandung di dalamnya ternyata mampu menghadang reseptor estrogen dalam sel kanker.

2. Bawang Putih
Makanan yang satu ini memang sering dihindari karena menyebabkan bau mulut. Hal itu disebabkan oleh adanya zat phytochemical allicin. Namun siapa sangka, zat itu justru berkhasiat melawan kanker. Phytochemical allicin pada bawang putih dapat membantu meningkatkan respon imun serta mencegah pertumbuhan tumor.

3. Telur
Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh American Association for Cancer Research, vitamin D pada telur ternyata mampu mengurangi risiko kanker payudara hingga 50%. Nah, jika Anda ingin mendapatkan vitamin ini lebih banyak, sering-seringlah keluar rumah di pagi hari setelah sarapan dengan menu olahan telur. Matahari pagi terbukti mampu memberikan vitamin D lebih banyak lagi untuk tubuh.

4. Brokoli
Sudah bukan rahasia umum lagi jika brokoli mengandung banyak manfaat. Sayuran hijau ini kaya akan sulforaphane, zat yang dapat meningkatkan enzim pelindung, serta membersihkan dan membuang senyawa-senyawa yang memicu munculnya kanker dalam tubuh. Diketahui juga kalau zat ini juga mampu menghalangi sel kanker payudara. Wah, pokoknya tidak ada alasan lagi untuk para perempuan menghindari makanan ini.

5. Blueberry
Kaya antioksidan, itulah julukan yang tepat diberikan untuk buah blueberry. Buah ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Blueberry juga ampuh menghadang radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Tak hanya blueberry, jenis berry lainnya seperti blackberry juga memiliki khasiat yang tak jauh berbeda.

6. Teh
Flavonoid yang ditemukan pada teh (teh hitam, teh merah, dan teh hijau) terbukti dapat menurunkan risiko kanker payudara, khususnya bagi kaum hawa yang mengalami siklus post-menopause. Patut dimasukkan ke menu sehari-hari nih.