Tuesday, December 10, 2019
Cafe & Resto
Cafe & Resto

Cicipi Rice Bowl Paling Enak Buatan Bansan

Spectr News Theme Isny Dewi R.
25, November 2019
130

Anda lebih suka makan siang praktis saat istirahat kerja? Sudah pernah mencoba rice bowl di restoran satu ini? Dijamin Anda akan ketagihan! Baru berumur satu tahun, Bansan sudah berhasil memikat banyak orang dengan menu rice bowl-nya yang super nikmat. Gerai makanan yang lokasinya cukup dekat dengan stasiun MRT Cipete ini merupakan milik seorang penyiar radio ternama di Jakarta, Paquita Genuschka atau biasa disapa Genus dan sahabatnya, Gilang Candraditya.

Bansan akan memanjakan lidah Anda dengan makanan Jepang yang mendapatkan pengaruh budaya Barat atau dikenal dengan istilah Yoshoku Food. Konsep ini diwujudkan oleh Genus dan Gilang dalam tiga menu rice bowl andalan Bansan yang patut Anda coba, yakni OG Chicken Nanban (Rp 40.000), Fire Nanban (Rp 43.000), dan Triple Sauce Roast Beef (Rp 55.000).

OG Chicken Nanban berisi potongan-potongan kecil ayam goreng tepung yang dilumuri saus kecokelatan. Tak hanya itu, menu ini juga dibaluri saus tartar, serta ditaburi daun bawang dan tobiko di atasnya. Potongan ayamnya terasa gurih dan manis. Rasanya pun semakin lezat berkat saus tartar homemade yang selalu fresh. Kalau Anda suka pedas, maka Anda tak boleh melewatkan Fire Nanban. Menu ini pedasnya cukup nendang karena menggunakan saus gochujang.

Sebagai tambahan, Chicken Nanban pertama kali diciptakan di Miyazaki pada tahun 1965 oleh Yoshimitsu, seorang pekerja di sebuah restoran Eropa bernama restoran London. Pada dasarnya, Chicken Nanban bukan lah makanan dari restoran Jepang melainkan dari restoran yang menghidangkan masakan Barat. Setelah keluar dari restoran London, Yoshimitsu berkreasi ketika ia membuka rumah makan sendiri dengan menambahkan saus tartar. 


Photo Credit: Instagram @bansanjkt 

Di antara ketiga menu unggulan Bansan, Triple Sauce Roast Beef lah yang paling berbeda. Menu ini berisi potongan-potongan tenderloin dan tiga racikan saus khas Nanban. Tekstur tenderloinnya terasa empuk. Bagian tengahnya terasa juicy meski warnanya masih kemerahan. Lebih enak lagi saat menyantapnya dengan light sauce, white sauce, dan truffle brown sauce racikan sang owner.

Lebih menariknya lagi, nasi yang digunakan di semua menu Bansan terasa pulen dengan rasa gurih ringan, yang ternyata berasal dari furikake pada nasi. Furikake sendiri merupakan campuran ikan kering, biji wijen, rumput laut, garam, gula dan perasa makanan yang biasa dipakai di Jepang. Bansan memang sangat cocok untuk Anda yang suka rice bowl karena praktis namun tetap mementingkan rasa.

Instagram: @bansanjkt

Top Photo Credit: www.zomato.com/id/users/nabil-ihsan

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration