< People

Ciputra - Sang Raja Properti

Ciputra - Sang Raja Properti

People

Sudah tidak asing lagi bagi kita jika mendengar lingkungan perumahan Pondok Indah, BSD, dan Bintaro. Ciputra adalah sosok dibalik kesuksesan ketiga kawasan perumahan besar tersebut. Setelah menyandang gelar insinyur, pengusaha yang kini berusia 84 tahun ini memulai karirnya di perusahaan Jaya Group milik Pemda DKI Jakarta. Ia bekerja di Jaya Group sebagai direksi hingga usianya mencapai 65 tahun.

Selama karirnya di bidang properti, ia memiliki banyak prestasi hingga meraih banyak penghargaan. Nama Ciputra pun tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai wirausahawan peraih penghargaan terbanyak di berbagai bidang. Selain menjadi pengusaha properti di Jaya Group, Ciputra juga menjadi pengusaha di grup properti lain seperti Metropolitan Group yang membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai (BSD). Ciputra juga membangun grup properti sendiri yang bernama Ciputra Group.

Selain mendirikan perumahan, Ciputra juga mendirikan mal dan juga tempat rekreasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri seperti Kamboja dan Vietnam. Saat ini kesuksesannya membuat Ciputra masuk ke dalam urutan ke-21 dari 50 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes pada tahun 2014. Walaupun seperti itu Ciputra kini menjadi seorang philantrophist, yakni seorang dermawan yang mendirikan beberapa yayasan yang turut membantu sesama di bidang sosial.

Kini Ciputra mulai merambah ke dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Ciputra di Surabaya, Jawa Timur. Ciputra percaya bahwa pendidikan merupakan kunci utama bagi masa depan bangsa. Ia menargetkan dapat menginspirasi 4 juta anak muda dalam menjadi pengusaha dalam 25 tahun ke depan. Andakah salah satunya?