< FYI

Dari Barat Hingga Timur, Ini Dia 5 Kopi Indonesia yang Mendunia

Dari Barat Hingga Timur, Ini Dia 5 Kopi Indonesia yang Mendunia

FYI

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang menghasilkan berbagai hasil bumi yang melimpah, salah satunya adalah kopi. Meskipun produksi kopi di Tanah Air tidak sebesar negara-negara lain di Eropa, namun Indonesia menjadi salah satu negara yang menghasilkan kopi terbaik di dunia. Bahkan popularitasnya telah berhasil mencuri perhatian para pecinta kopi di dunia. Berikut lima biji kopi asal Indonesia yang telah mendunia.

1. Kopi Aceh Gayo
Kopi yang berasal dari Aceh ini memiliki dua jenis kopi Gayo yang paling populer, yakni kopi Gayo (Arabika) dan kopi Ulee Kareeng (Robusta). Namun, varietas Arabika mendominasi jenis kopi yang dikembangkan oleh para petani biji kopi Aceh Gayo. Produksi kopi Arabika yang dihasilkan dari tanah Gayo merupakan yang terbesar di Asia dan menjadi salah satu kopi khas Nusantara yang paling digemari para pecinta kopi di dunia. Bahkan, kopi ini disebut-sebut sebagai kopi organik terbaik di dunia, lho. Wow!

Photo Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi_gayo

2. Kopi Toraja
Kopi asal tanah Toraja ini mencapai puncak popularitasnya pada tahun 2012 setelah single origin dari Toraja Sapan mendapatkan nilai cupping (seni menilai secangkir kopi) tertinggi pada acara Lelang Kopi Asosiasi Kopi Spesial yang diadakan di Surabaya. Sejak saat itulah, semakin banyak masyarakat yang melirik kopi ini.

Kopi Toraja memiliki sejumlah karakter yang membuatnya menarik, yakni rasanya yang mirip dengan tipikal kopi Afrika. Bahkan, rasa unik dari kopi ini membuat salah satu perusahaan penjual kopi online ternama asal New Orleans, Amerika Serikat, memasukkan Kopi Toraja sebagai salah satu item utamanya.

Photo Source: http://www.torajaparadise.com/

3. Kopi Luwak

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang kopi yang satu ini atau malah penggemar beratnya? Tahukah Anda bahwa Kopi Luwak sudah dikenal sebagai kopi terbaik dunia sejak tahun 1969? Kopi ini sendiri berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera.

Kopi Luwak termasuk kopi mahal, karena bisa dibanderol lebih dari Rp 1 juta hanya untuk ukuran 1 kg. Kopi ini juga memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya semakin populer, yakni proses produksinya. Buah kopi terlebih dahulu dimakan oleh luwak. Selanjutnya hewan ini akan mengeluarkan kotoran berupa biji kopi yang tidak tercerna dan kemudian diambil untuk dibuat menjadi kopi. Proses fermentasi biji kopi yang dilakukan oleh luwak ini justru membuat cita rasa kopi semakin nikmat dan lembut.

Photo Source: http://dailycoffeenews.com/

4. Kopi Wamena
Tidak hanya dikenal dengan alamnya yang mempesona serta hasil emasnya yang berlimpah, Wamena, Papua juga menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi Wamena sendiri  tumbuh di ketinggian 1500 meter dengan suhu 20° C.

Kopi Wamena memiliki tingkat keasaman rendah yang menjadikannya sebagai kopi dengan cita rasa ringan, namun memiliki aroma yang tajam. Yang membuat kopi ini berkualitas adalah para petani menanamnya secara organik dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

Photo Source: http://papuacoffees.com

5. Kopi Bali
Kopi yang berasal dari daerah Kintamani, Bali ini sudah ada sejak abad ke-20. Kopi Bali diproduksi dengan sistem Subak Abian yang mendorong pengolahan kopi secara organik, serta menghasilkan rasa yang cenderung manis dan lembut.

Di tahun 2008, kopi ini berhasil meraih sertifikat Geographical indication (GI) secara resmi, yang berarti kopi Bali sudah memenuhi standar kopi internasional. Membanggakan!

Photo Source: https://www.kopikopen.com